Belajar Efektif dalam Penulisan Ilmiah bersama UC Library

UC Library mengadakan kegiatan literasi informasi yang diadakan secara daring dan berlangsung pada Kamis (25/6) lalu. Acara yang dipandu oleh Ibu Inggrita F. Putri, S.I.Kom. (Staff Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya) ini didukung oleh dua narasumber yaitu Bapak Raden Panji, J. Udik Esbiantoro, S.S (Staff Perpustakaan Universitas Ciputra (Pustakawan)) dan juga Bapak Dr. Timotius Febry Christian, S.T., M.T., CSCA. (Dosen International Business Management UC, Guest Scopus dan Jurnal Sinta)

I’Talk yang diikuti oleh 24 peserta ini dimulai Pkl. 14.00 WIB via Zoom Conference ini dibuka oleh pemandu acara dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pertama dari Bapak Raden Panji, J.Udik Esbiantoro, S.S dengan membawakan tema “Penelusuran Informasi Online”. Di dalam sesi ini, dipaparkan mengenai bahwa saat literasi informasi merupakan keterampilan mendayagunakan informasi sesuai dengan kebutuhan dan azas kebenaran.

Kemajuan teknologi dan pengembangan internet menjadi solusi cepat untuk mencari informasi namun harus diikuti dengan azas kebenaran. Dimana informasi harus memberikan manfaat bagi siapapun yang menerimanya. Dalam sesi ini dipaparkan beberapa tips untuk mengecek sumber informasi online. Melalui cek domain, cek otoritas dan kompetensi penulis, cek kapan terakhir kali upadate, cek perbandingan dengan website lain, cek berita di grup IG, WA. Pak Panji juga menerangkan bahwa hoax tidak hanya berupa kebencian saja namun fakta yang salah. Pengembangan sikap kritis dan akal sehat perlu untuk dilakukan agar tidak termakan berita hoax.

Sumber informasi harus terpercaya bersifat AVR (Akurat, Valid, dan Relevan) dan etis dari informasi yang tersedia. Akedemisi dapat memanfaatkan aplikasi manajer referensi seperti Zotero atau Mendeley, membuat sisai menggunakan model sitasi dan melakukan cek data. Pak Panji juga menjelaskan mengenai plagiarism dan UU ITE, jika seseorang melakukan plagiarism maka akan dikenakan sanksi di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 tahun 2010 dan juga UU ITE bagi penyebaran hoax.

Selanjutnya Pak Panji menjelaskan mengenai penulusuran informasi dengan operator pencarian yaitu operator bolena dan google syntax. Kemudian masuk ke pemaparan mengenai domain yang terpercaya dan domain yang tidak dapat digunakan. Di akhir pemaparan Pak Panji menerangkan mengenai beberapa e-journal yang dilanggan oleh Perpustakaan Universitas Ciputra.

Di sesi selanjutnya pemaparan dilakukan oleh Bapak Dr. Timotius Febry Christian, S.T., M.T., CSCA dengan tema Pelatihan Reference Manager Mendeley. Sesi ini diawali dengan pengenalan dengan aplikasi mendeley, kemudian masuk dalam pemaparan membangun database. Pertama,  membangun database melalui google scholar, dipratekkan dengan membuat google dan memilih keyword yang merujuk pada satu tema dan kemudian memanfaatkan “Cite” dari Google Scholar untuk mencari literature yang dibutuhkan. Kedua, membangun database dengan Look up DOI, atau digital object identifier. Kasus ini biasa digunakan bilamana kecepatan internet pengguna tidak memungkinkan untuk melakukan download full text artikel atau tidak bisa masuk karena harus membayar dan berlangganan sebuah jurnal, namun sudah dapat mengutip dari abstrak. Ketiga, membangun database (drag and drop article), Cara ini dipilih apabila kita memiliki artikel-artikel dari jurnal online yang bisa kita download karena bersifat open access.

Terdapat beberapa web yang membantu kita dalam mencari jurnal free: Google Scholar, Schi-Hub dll. Perlu diingat bahwa drag & drop artikel yang sudah anda download ke folder yang sudah disiapkan harus diperhatikan sistem editingnya. Hal ini terkait metadata yang sesuai dengan syarat database Mendeley. Keempat, membangun database dengan input manual. Hal ini dilakukan jika memang sudah tidak ada lagi sumber elektronik yang bisa dicari. Pemaparan selanjutnya berkaitan dengan penggunaan Add Citation dan Bibliografi secara otomatis, dalam sesi ini dijelaskan dan kemudian dipraktekkan bagaimana Implementasi Mendeley ke Ms. Word, Gaya (Style) pengutipan, Cek Duplikasi artikel, dan Kolaborasi Artikel.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *