Belajar dari Drama Korea Reply 1988

Drama yang menggambarkan Kehidupan persahabatan lima remaja yang tinggal berdekatan dalam drakor Reply 1988 ini menjadi salah satu favorit para pecinta drama Korea.  Drama Korea yang satu ini menceritakan berbagai aspek kehidupan seperti masaleh ekonomi, persahabatan dan percintaan.

Dalam drama ini, penonton akan  terbawa dengan suasana tahun 90-an juga sangat terasa di drama ini. Tidak hanya sinematografi, perlengkapan yang digunakan bahkan style para pemain yang sangat khas tahun 90-an membuat penonton bernostalgia.

Lalu apa saja yang dapa di pelajari dari drama favorti yang satu ini?

 

  1. Kegagalan Merupakan hal yang biasa

Kim Jung Bong yang sudah 6 kali gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, akhirnya berhasil setelah mencoba yang ketujuh kalinya dan mampu berkuliah di kampus yang ia inginkan. Dalam kehidupan, tentunya kita memiliki planning dan goals yang ingin dicapai. Tapi, bukan kehidupan namanya jika berjalan selalu mulus. Pasti ada banyak tantangan yang terkadang menimbulkan perasaan ingin menyerah. Dari drama ini, kita bisa belajar bahwa kegagalan merupakan sesuatu hal yang sangat lumrah terjadi di kehidupan. Jangan pernah menyerah dan terus berusaha, akan membawa kita mampu mencapai impian.

 

2. Hasil tidak akan menghianati usaha

Usaha pastinya melelahkan dan terkadang membuat kita tidak percaya usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil. Dari Sung Deok Sun, dapat dilihat bahwa walaupun dipermainkan oleh kehidupan dan sudah bekerja keras kemudian tidak berhasil ikut dalam olimpiade, ia tetap bisa menerima hal itu. Namun pada akhirnya, Sung Deok Sun menjadi cadangan dan tetap bisa mengikuti olimpiade.

 

3. Sahabat sejati selalu ada setiap waktu

Dari kisah persahabatan lima orang remaja ini, dapat dilihat bahwa sahabat yang baik adalah yang selalu ada apapun kondisinya. Baik suka maupun duka, sahabat sejati akan selalu memberikan support.

 

4. Tidak hitung-hitungan dalam menolong orang lain

Meskipun kondisi ekonomi keluarga nya sedang buruk, ayah Deok Sun mampu menolong orang lain dengan membeli sesuatu dari orang yang sedang butuh uang. Pasti sangat berat rasanya untuk bisa membantu orang lain ketika kondisi kita sedang tidak baik, terutama dalam masalah ekonomi. Tapi selagi masih bisa menolong orang lain, kenapa tidak? Menolong orang lain juga tidak melulu tentang uang atau materi, bisa jadi kita menolong orang lain dengan memberikan solusi ketika mereka bermasalah, mendengarkan orang lain ketika mereka butuh tempat bercerita, atau hal lain yang bisa memberikan dampak baik bagi orang lain.

 

5. Setiap orang memiliki potensi masing-masing

Deok Sun memang lemah dalam angka, tapi Deok Sun memiliki kemampuan lain yaitu bahasa asing dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Pada akhirnya, Deok Sun mampu menjadi seorang pramugari.

Drama ini tentunya sangat di rekomendasikan untuk di tonton karena banyak pelajaran yang bisa didapatkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.