Banyak di Perbincangkan, Apa Rahasia Gim Among Us?

Oleh Jesslyn Kyla Abianto (Mahasiswa CBZ)

 

Tahukah kamu bahwa tercatat 14% remaja di Indonesia mengalami kecanduan gim online. Hal ini menjadikan dunia gim online sudah tidak asing lagi bagi generasi millennial masa kini. Beberapa pekan ini Indonesia kembali digemparkan dengan satu gim online yaitu ‘Among Us’ yang menjadi viral dan telah memecahkan rekor unduhan terbanyak di perangkat mobile. Pada July 2020, tercatat hanya ada 2.4 juta unduhan yang kemudian melesat hingga 41,9 juta unduhan (hampir tujuh belas kali lipat) pada bulan September 2020. Berkat dipopulerkan oleh berbagai influencer dan streamer di Twitch dan YouTube, Among Us kini tidak hanya dinikmati oleh para pecinta gim online, namun juga mereka yang sebelumnya belum pernah bermain gim online. Tidak hanya di Indonesia, melainkan beberapa negara lainnya seperti Brasil dengan 16,6juta unduhan dan Amerika Serikat yang merupakan penyumbang unduhan paling banyak sebesar 20,5 juta. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya gim ‘Among Us’ ini sudah rilis sejak 2018 lalu yang kemudian dikembangkan oleh Innersloth hingga akhirnya menjadi populer sampai sekarang. Didukung juga karena adanya faktor pandemic covid-19 ini yang memaksa orang-orang untuk harus tetap mengurung diri dirumah. Tentunya banyak orang yang akan merasa bosan dan pada akhirnya mencari hiburan melalui gim online.

Sebenarnya apa sih yang membuat gim Among Us ini populer dikalangan masyarakat? Gim ini dirancang sangat simpel dan mudah dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga mereka yang sebelumnya bukan pemain gim online pun bisa ikut menikmati gim ini. Ditambah lagi dengan keseruan yang dapat dinikmati bersama dengan teman-teman maupun dengan orang yang tidak dikenal dalam cakup ruang yang cukup banyak yaitu 10 orang. Cara bermainnya pun cukup mudah untuk dimengerti, yaitu disetiap 10 orang yang berada di satu ruangan pasti akan ada 1-3 orang yang akan menjadi impostor/penipu. Tugas sang impostor itupun adalah untuk membunuh dan melakukan sabotase sistem yang ada di dalam game tersebut. Tetapi dilain sisi, pemain biasa atau yang disebut Crewmate harus menyelesaikan misi mereka untuk memenangkan gim tanpa terbunuh oleh sang impostor. Sama halnya dengan permainan gim werewolf, para Crewmate juga mendapat kesempatan untuk melaporkan dan menunjuk siapa yang kira-kira mereka curigai sebagai impostor untuk di bunuh. Cukup menarik bukan? Apalagi jika dinikmati dengan teman-teman terdekat dan perdebatan biasanya dilakukan secara daring melalui media yang ada. Bagi kalian yang mau menikmati gim ini, pastikan kalian sudah terlatih mental untuk saling beradu mulut dengan pemain lain yah!

Sudah tidak asing lagi bagi kalangan remaja untuk mendengar keluhan atau kritikan dari para orangtua yang menganggap gim online sebagai sesuatu hal yang buruk. Internet memang sudah dari dahulu menjadi suatu hal yang kontroversial, khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak orangtua yang mengaku bahwa anak-anaknya lebih banyak meluangkan waktu didepan perangkat mobile mereka sendiri dibanding dengan bersosialisasi langsung dengan teman-teman di dunia nyata. Sama halnya dengan berita-berita yang ikut bermunculan seturut dengan viralnya gim Among Us ini. Banyak desas-desus yang bermunculan mulai dari berita dengan judul yang cukup mengagetkan seperti “Kesal Karena Difitnah Terus di Game Among Us, Teman Satu Kos Dibunuh” hingga pelajar SMA yang dikabarkan cekcok hingga hampir tawuran karena gim Among Us. Namun setelah ditelusuri, ternyata berbagai berita tersebut adalah palsu atau HOAX yang dibuat oleh orang iseng sebagai meme saja. Jadi jangan cepat mengambil keputusan dan percaya pada suatu screenshot berita sebelum di cari tahu terlebih dahulu kebenarannya ya guys! Walau banyak yang menganggap gim Among Us ini serius karena dianggap mengajarkan berbohong dan memfitnah, namun sebenarnya kalau dilihat lebih dalam lagi, permainan ini juga ada positifnya loh! Selain mendekatkan relasi antar teman, gim ini juga bisa dibuat ajang untuk berkenalan dengan teman-teman baru diluar zona nyaman kalian loh. Banyak dari mereka yang akhirnya membuat suatu komunitas terbuka khusus untuk bermain gim Among Us dan akhirnya mendapat banyak relasi dari berbagai kota.

Pada akhirnya, hal yang bisa kita petik dari fenomena ini ialah untuk selalu melihat sesuatu pada hal positifnya saja. Bermain sewajarnya, sebab terlalu banyak bermain juga tidak baik untuk kesehatan baik mental ataupun jasmani kalian. Terlebih untuk gim Among Us yang mengharuskan kalian untuk saling menuduh, ada baiknya jika sifat berbohong dan tuduh-menuduh itu tetap untuk saat kalian bermain gim Among Us saja yah guys! Tetap bermain fairplay and enjoy the game!

 

Daftar Pustaka

Sumardi, Edi (2020, September 19). Cara Main, Betulkah ‘Kesal Karena Difitnah Terus di Game Among Us Teman Kosan Dibunuh’? Cek Fakta. Makassar.Tribunnews.com. Diakses dari https://makassar.tribunnews.com/2020/09/19/cara-main-betulkah-kesal-karena-difitnah-terus-di-game-among-us-teman-kosan-dibunuh-cek-fakta?page=4. 28 September 2020.

Gandhi, Frans (2020, September 23). Pecahkan Rekor, Berikut Fakta Game Among Us. Indobalinews.com. Diakses dari https://indobalinews.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-88764804/pecahkan-rekor-berikut-fakta-game-among-us?page=2. 28 September 2020.

Mediablitar (2020, September 28). Inilah Deretan Fakta Game Among Us, Berhasil Catat Rekor Pengunduhan Game Terbanyak Bulan September. Diakses dari https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-32782167/inilah-deretan-fakta-game-among-us-berhasil-catat-rekor-pengunduhan-game-terbanyak-bulan-september?page=2. 29 September 2020.

Suci (2020, September 17). Cara Main Game Among Us, Saling Tuduh hingga Saling Makan Teman untuk Bunuh Impostors Jahat. Jambi.Tribunnews.com. Diakses dari https://jambi.tribunnews.com/2020/09/17/cara-main-game-among-us-saling-tuduh-hingga-saling-makan-teman-utnuk-bunuh-impostors-jahat?page=all. 29 September 2020

Anon (2020, September 22). Benarkah Among Us diblokir Kominfo Indonesia? Ini Faktanya!. Dailyspin.id. Diakses dari https://dailyspin.id/esports/other-esports/benarkah-among-us-diblokir-kominfo-indonesia-ini-faktanya/. 29 September 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *