Bagaimana Menjaga Perilaku Konsumtif Selama Pandemi?

Siapa yang di masa pandemic ini malah jadi lebih boros angkat tangan!. Pada masa pandemic yang mengharuskan kita untuk berdiam dirumah saja ini sungguh menyiksa bagi beberapa orang. Berdiam di rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan semuanya harus dilakukan dirumah. Namun ini menjadi salah satu kesempatan bagi orang-orang yang mau memulai bisnisnya dari rumah!. Karena semua dilakukan dirumah, otomatis waktu senggang yang dipunyai akan lebih banyak dan bisa digunakkan untuk mengembangkan skillnya!. Kesempatan ini tidak dilewatkan bagi masyarakat untuk memulai pembukaan online shop mereka. Mulai dari makanan, elektronik, hingga barang-barang lain seperti clothing line kian merebak ditengah masa pandemic ini.

Semuanya terasa serba mudah sekarang. Internet tidak hanya digunakkan untuk mencari informasi saja, namun juga bisa membantu kita untuk mencari barang-barang yang kita mau atau bahkan menyebarkan dagangan kita!. Dahulu sebelum adanya pandemic, orang-orang mungkin masih harus datang ke toko ataupun mall untuk mencari suatu barang yang mereka cari. Namun sekarang, lebih dipermudah lagi dengan adanya kurir atau pihak external lainnya (contohnya GoJek, Grab, Shopee, dll). Tidak heran buat kalian terutama para remaja lebih banyak meluangkan waktu dirumah untuk scrolling social media dan toko online. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab dari merebaknya budaya konsumerisme yang terjadi pada saat ini. Ketika kita sedang melihat-lihat social media, sadar atau tidak sadar beberapa kali pasti ada promo yang ditawarkan dari berbagai platform media. Tentu, ini yang disebut dari ‘racun’ social media.

Sejak beberapa waktu lalu, TikTok menjadi popular dikalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil hingga yang dewasa ikut menikmati aplikasi yang satu ini. Dimana ada keramaian, tentu disana ada peluang dong? Dan yep, TikTok sekarang juga menjadi ajang promosi penjualan seperti platform-platform social media yang lainnya. Tidak jarang loh, beberapa remaja mengaku telah mendapat ‘racun’ TikTok. Salah satunya dengan membeli lampu LED yang bisa berubah warna untuk menghiasi kamar mereka karena mereka melihat hal ini sedang trend di TikTok. Dan seperti yang kita tahu, tidak hanya TikTok yang bisa menjadi racun, melainkan bisa juga dari promo yang ditawarkan dari Shopee, Tokopedia, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Namun situasi pandemic ini juga ternyata menekan perekonomian beberapa masyarakat loh!. Akibatnya, mereka juga harus bisa pintar-pintar menata keuangan mereka agar bisa berlaku lebih hemat, apalagi pada masa sulit seperti ini. Nah buat kalian yang imannya tidak kuat menahan godaan-godaan untuk menghabiskan uang kalian, coba deh ikutin tips-tips berikut ini!.

Pertama, kalian bisa mencoba untuk menjadi lebih hemat dengan cara menuliskan semua anggaran keuangan kalian. Pastikan bahwa pendapatan kalian itu lebih besar daripada pengeluaran kalian yah!. Ingat deh, lebih baik menabung demi masa depan dengan perencanaan keuangan yang matang daripada nanti kalian menyesal bukan?. Jika kalian melihat bahwa pengeluaran kalian selama ini lebih besar daripada pendapatan yang kalian terima, coba deh berusaha untuk mencari uang tambahan, mumpung peluang dimasa pandemic ini besar loh!.

Kalian juga bisa menginvestasikan keuangan kalian untuk menciptakan keuangan yang lebih baik di masa depan!. Tapi tunggu dulu, untuk yang satu ini, kalian tentunya butuh untuk research lebih ya! Jangan asal-asalan dalam menaruh uang kalian pada suatu investment. Hati-hati juga karena terkadang bisa saja terjadi investasi bodong atau kerugian yang terjadi. Investasi ini juga dapat dilakukan dalam berbagai hal, mungkin dari investasi saham, emas, dan lain-lainnya.

Ketiga, kalian harus bisa membedakan antara kebutuhan dan juga kemauan kalian. Sesuatu yang kalian mau bisa jadi tidak kalian butuhkan, namun yang harus kalian penuhi tetaplah kebutuhan. Mulai dari sandang, pangan, dan papan yang kalian perlukan untuk bertahan jangan sampai ada yang kelupaan yah!. Nah baru deh, kalau kebutuhan kalian sudah terpenuhi dan keuangan kalian masih tersisa, boleh kalian luangkan untuk memenuhi kemauan kalian!. Tapi tentunya, jangan sampai kelewat batas yah teman-teman, aku yakin kalian bisa mengendalikan diri kalian kok!.

Coba deh jadikan hal-hal diatas ini menjadi kebiasaan kalian. Mungkin diawal-awal kalian akan merasa tidak nyaman dan meremehkan hal-hal kecil seperti mencatat pengeluaran, dll. Namun percaya deh, itu nantinya bakal berpengaruh bagi kehidupan kalian kok!. Menabunglah walaupun hanya dengan koin receh, namun lama-lama jika dikumpulkan bisa menjadi bukit juga loh. Jadi jangan sia-siakan setiap mata uang yang ada yah!. Berbelanjalah sesuai kebutuhan, dan tahanlah diri-diri kalian dari racun yang beredar di sekeliling kalian oke!. Yakin deh keuangan kalian akan tertata rapih sehabis kalian melakukan hal-hal diatas.

Happy shopping!.

 

Daftar Pustaka

Ferdiani, Kabrina (2020, Feb 06). 11 Cara mengelola keuangan dengan baik dan benar. Modalrakyat.id. Diakses di https://www.modalrakyat.id/blog/11-cara-mengelola-keuangan-dengan-baik-dan-benar 11 December 2020

Sanga, Jhon. (2020, Mei 13). Gaya Hidup konsumersme selama pandemic covid19. Thecolumnist.id. Diakses di https://thecolumnist.id/artikel/gaya-hidup-konsumerisme-selama-pandemi-covid19-762
11 December 2020.

Djumena, Erlangga (2020, April 2). Ancaman perilaku konsumtif di tengah pandemic corona. Kompas.com. Diakses di https://money.kompas.com/read/2020/04/02/191400326/ancaman-perilaku-konsumtif-di-tengah-pandemi-corona?page=2. 11 December 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *