Australia Alumni Grant Scheme Project_Gelar Sustainable Fashion bersama UC. Surabaya Pagi. 9 Januari 2020. Hal.9,10. Janet Rine Teowarang.FDB

SURABAYAPAGI, Surabaya – Sebanyak 5 orang terpilih ikut dalam pelatihan program belajar membuat koleksi Sustainable Fashion di Universitas Ciputra (UC) Surabaya. Kegiatan ini digelar Australia Alumni Grant Scheme Project dan UC, Tentunya 5 orang tersebut tidak serta-merta bisa langsung ikutan, namun ada seleksinya.

 

Batik Tidak Boleh Murah

GELAR SUSTAINABLE …

Lecturer Fashion Product Desain and Business di Universitas Ciputra, Janet Rine Teowarang menjelaskan, setiap alumni dapat kesempatan mendapatkan dana hibah untuk masyarakat, dan harus ada solusi dan impact ke masyarakat. Dari 200 proposal, 20 yang disetujui.

“Saya adalah satu dari 20 orang yang disetujui. Proposal yang saya bikin adalah untuk membantu pengrajin dikabupaten Pasuruan. Supaya orang lebih menghargai pengrajin,” katanya saat ditemui Surabaya Pagi di UC. Karena menurutnya selama ini orang kurang mengenal karya mereka dan mereka pun kurang mengetahui bagaimana cara memasarkan dengan baik.

Kebanyakan pengrajin yang ada di sana adalah ibu rumah tangga, dari pada dirumah hanya menunggu suami dan mengasuh anak saja, lebih baik bisa menghasilkan sesuatu dan bantu suami, atau single parrent pun bisa masuk kategori sosial. “Pasuruan banyak tenun tangan, itu yang membuat daya tarik untuk mengeksposnya, karena selama ini belum banyak yang tau,” ujar Janet.

“Sementara batiknya industri rumahan bukan seperti Jogya. Harusnya tidak murah, supaya karya mereka lebih dihargai, apalagi mereka banyak yang membuat batik tulis yang tidak semua orang bisa membuatnya,” tambahnya lagi.

Ditanya terkait pelatihan tersebut, “Yang kita ajarkan bukan bagaimana cara membatik tapi kita mengajarkan merubah mindset mereka. Bagaimana agar karya mereka lebih berkualitas sehingga bisa dibawa keluar Pasuruan dan mungkin pasar internasional, supaya mereka sadar dan bisa maju,” tutupnya. (indra)

 

 

Sumber: Surabaya Pagi, 9 Januari 2020.Hal.9.10S

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *