Asah Kreativitas Lewat Desain Cosplay. Surya. 29 September 2020. Hal.3. FDB. Agnes Olivia Gondoputranto

SURABAYA, SURYA – 
Costume Player (Cosplay) 
menjadi media kreativitas 
yang menghasilkan karya 
unik dalam berkostum dan 
bermake-up sekaligus mendulang pendapatan.

Dosen Fashion Product  Design and Business Universitas Ciputra (UC), Aknes Olivia Gondoputranto yang ‘hobi cosplay dan menjadikannya media membuat aksesori dan baju. “Sangat menantang bikin detail kostum semirip mungkin dengan karakternya,” katanya.                        Selain detail kostum, cosplayer dituntut dapat menirukan sifat dan gestur dari karakter yang dipilih. Olive pernah memerankan boneka Kiraidshou dalam komik Rozen Maiden bersama beberapa rekan penggemar cosplay.

Menariknya, ketika memerankan boneka-bonekanya itu harus pintar mengatur ekspresi yang sesuai. Olive sendiri merasa kesulitan saat memakai penutup mata (eye patch) dari bunga.

“Pemasangannya cukup susah dan kadang kurang nyaman karena menutupi mata. Selain itu, styling wig-nya cukup lama karena sangat panjang sampai melebihi paha,” ujarnya.

Trainer dan mentor dalam berbagai workshop Fashion dan Fashion Accessories int sampai mendesain baju beserta detailnya sendiri untuk menciptakan karya senyata mungkin. Desain itu lantas dibuat pola dan dijahit.

Perempuan yang sejak tujuh tahun terakhir ini menyukai dunia cosplay ini merasa nyaman menjalani . hobinya karena banyak membuatnya bertemu teman-teman baru yang mampu menginspirasi dirinya untuk lebih berkreasi.

Cosplay membawa ke arah sensasi dalam mengekslorasi berbagai kostum, make up, dan menghasilkan konsep .sekaligus photoshoot yang tematik. Bahkan, sangat mungkin menjadi pundipundi uang.

“Terbuka peluang menjasi maker costum cosplay, atau berkecimpung di dunia event organizer dari event cosplay dan masih banyak lainnya,” terang Olive. (zia)

 

Sumber: Surya. 29 September 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *