Arjuna Menyusui, Potret dibalik Panggung. Jawa Pos. 5 Agustus 2018.Hal.8

100 Tahun Pelukis Hendra Gunawan

JAKARTA – Sebanyak 32 lukisan pelukis ternama Hendra Gunawan kemarin (4/8) dipamerkan di Ciputra Artpreneur Museum. Boleh dikatakan, pameran itu merupakan pameran terbesar karya Hendra Gunawan.

Pameran yang bertanjuk “Hendra Gunawan: Prisoner of Hope” tersebut menampilkan 23 koleksi pribadi Ciputra memamerkan kepada publik. “Wafatnya Hendra meninggalkan banyak kenangan dan simbol,” kata Ciputra.

Proa 86 tahun itu menceritakan salah satu lukisan Hendra yang berjudul Arjuna Menyusui. Lukisan tersebut mengambil latar adegan di belakang panggung saat para aktor sedang mempersiapkan diri. Dalam pertunjukan wayang orang, Arjuna selalu diperankan perempuan.

Hendra mampu menangkap situasi ketika pameran Arjuna sempat menyusui anaknya di tengah-tengah pemain lain yang sedang memulas wajah. “Perempuan dan keluarga sering kali diangkat dalam kerya Hendra. Hal itu menunjukan penghargaan tinggi terhadap mereka,” ungkapnya.

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawinata menuturkan, harus ada inovasi untuk menghadirkan karya Hendra. Alasannya, kebanyakan generasi muda Indonesia lahir ketika Hendra sudah wafat. “Ciputra Artpreneur mencoba menghubungkan masyarakat dengan sejarah dan warisan budaya Indonesia,” katanya.

Kurator dan pengamat seni rupa Agus Dermawan T. Yang ditemui dalam acara yang sama menjelaskan, banyak lukisan Hendra yang dihasilkan saat masa revolusi dan pasca kemerdekaan. Sehingga karya-karyanya merupakan gambaran masa itu. (lyn/c9/tom)

Sumber : Jawa-Pos.5-Agustus-2018.Hal.8

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *