Apakah bisa Menggunakan Internet Sebagai Bahan Rujukan Artikel Ilmiah?

Oleh Natanael Yogie Prima (0106041810060)

Ketika kita akan menulis sebuah artikel atau sebuah jurnal, rata-rata banyak sekali pertanyaan yang diajukan mengenai keakuratan sumber yang kita pakai dalam menulis sebuah artikel. Dengan teknologi sekarang mudah sekali untuk mencari sebuah sumber di Internet akan tetapi tingkat kepercayaan akan sumber yang didapat tidak sepenuhnya dapat dipercaya 100%. Kita mungkin harus mengecek ke berbagai situs untuk menilai kredibilitasnya karena dari satu halaman dalam sebuah situs, sulit untuk menentukan kebenarannya.

Terdapat banyak faktor yang membuat sumber terpercaya. Kapan pun kita melihat sumber di internet, kita harus bisa memeriksa beberapa hal untuk mem-verifikasi bahwa informasi tersebut dapat dipercaya. Terdapat 5 hal yang harus menjadi patokan, yaitu: akurasi (accuracy), otoritas (authority), objektivitas (objectivity), kemutakhiran (currency), dan jangkauan (coverage) sumber daya.

  1. Akurasi (accuracy). Meliputi Informasi yang penuh dengan ejaan, tata bahasa. Jika terdapat sebuah kesalahan teknis lainnya maka hal itu akan dianggap tidak profesional dan tidak rapi, akibat dari kesalahan teknis yang terjadi sebuah sumber akan tidak dapat dipercaya bagi pembaca sumber tersebut.
  2. Otoritas (authority). Hal penting dalam menentukan kredibilitas sebuah situs web karena hal tersebut memperjelas dalam menetapkan siapa yang bertanggung jawab atas situs tersebut, yang menulis informasi yang tercakup di sana, dan banyak lagi. Hal ini penting untuk melihat informasi latar belakang seorang penulis sehingga kita dapat memahami di mana potensi seseorang dalam menulis sebuah sumber, dan bagaimana seorang penulis dapat mengetahui informasi ini, dll.
  3. Jangkauan (Coverage). Karena jika sebuah situs tidak mencantumkan referensi atau tidak memberikan materi pendukung, seperti grafik atau statistik, maka situs tersebut mungkin tidak memiliki informasi yang terpercaya.
  4. Kemutakhiran (Currency). Kita harus melihat halaman web untuk menemukan sebuah hak cipta / tanggal revisi terakhir. Karena biasanya, informasi ini ada di bagian bawah halaman, dan harus diberi label dengan jelas. Jika tidak ada tanggal revisi terakhir atau tahun hak cipta yang diberikan, maka informasinya mungkin tidak terbaru lagi. Di dunia zaman sekarang di mana informasi berubah dengan cepat, sebaiknya kita menggunakan informasi yang terbaru.
  5. Objektivitas (Objectivity). Selalu penting bagi penulis sumber yang kredibel untuk mengemukakan argumennya dengan sesedikit mungkin prasangka, atau bias, terhadap pendapatnya sendiri atau pendapat lawan yang lain. Meskipun baik bagi seorang penulis untuk tidak setuju dengan sudut pandang tertentu, dia harus melakukannya dengan sopan.

 

Referensi harus bisa digunakan sebisa mungkin dalam Pengantar kita sebagai penulis, dan mereka memiliki sebuah kebijakan, yang juga diuraikan secara singkat dalam Pendahuluan, yang menyatakan bahwa setiap suntingan yang dibuat pada halaman kontroversial harus didiskusikan sebelum dibuat. kita harus membaca artikel semua sumber yang berdasarkan 5 hal yaitu akurasi (accuracy), otoritas (authority), objektivitas (objectivity), kemutakhiran (currency), dan jangkauan (coverage) sumber daya dan selalu mengecek referensinya.

Adapun diinternet kita juga bisa menggunakan beberapa situs yang bisa digunakan sebagai referensi rujukan, antara lain:

e-resources.perpusnas.go.id, lipi.go.id, ijern.com, doaj.org, sciencedirect.com, Researchgate.net, Google Scholar, atau bisa menggunakan situs berita resmi, seperti CNN, BBC, dan Media Indonesia. Selain itu kita juga bisa menggunakan website resmi dari pemerintah .gov atau .edu untuk institusi pendidikan.

Pun kita bisa menggunakan artikel Wikipedia untuk menemukan sumber terpercaya. Jika kita melakukan pencarian untuk topik kita di Wikipedia, kita akan melihat di bagian bawah artikel beberapa bagian yang dapat kita gunakan untuk menemukan lebih banyak sumber: Catatan, Referensi, Bacaan Lebih Lanjut, dan Tautan Eksternal. Meskipun masing-masing bagian ini mungkin tidak ada dalam setiap artikel, kita dapat menggunakan tautan yang disediakan untuk menemukan artikel yang digunakan sebagai referensi dan memastikan bahwa sumber tersebut adalah sumber yang dapat dipercaya.

Buat kalian yang saat ini sedang berusaha membuat artikel ilmiah, langsung aja datang ke UC Library untuk mendapatkan rujukan yang tepat atau kalian juga bisa mengakses E-Journal Emerald yang dilanggan oleh UC ke:

URL: www.emeraldinsight.com

Berikut adalah daftar subyek yang bisa kalian akses:

  1. Accounting, Finance, & Economics
  2. Business, Management, & Strategy
  3. Mental Health
  4. Information & Knowledge Management
  5. Tourism & Hospitality
  6. Marketing

Jika kalian dalam area kampus, kalian dapat menggunakan e-journal emerald secara otomatis tanpa memasukkan username dan password. Kalau kalian ingin mengakses tapi berada diluar UC atau memiliki pertanyaan seputar koleksi jurnal yang dilanggankan oleh UC Library, silahkan langsung berkunjung ke UC Library atau menghubungi Pak Panji di telp ext. 2223, email: panji@ciputra.ac.id

 

Referensi:

https://sainsmenjawab.com/2017/12/19/bagaimana-cara-memilih-sumber-terpercaya-kredibel/

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

    Leave a Reply

    Want to join the discussion?
    Feel free to contribute!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *