Apa sih yang bisa saya dapatkan di UC Library?

Oleh Natanael Yogie Prima (0106041810060)

Perpustakaan merupakan bagian penting dari sebuah institusi pendidikan yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi. Perpustakaan menjadi sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Begitu pentingnya peran perpustakaan lembaga pendidikan menjadikan perpustakaan disebut sebagai jantungnya pendidikan, yang ikut menentukan keberhasilan proses penyampaian ilmu pengetahuan.

Untuk itulah, perpustakaan harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu anak didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Agar tujuan tersebut tercapai, perpustakaan sekolah perlu berbenah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang profesional, koleksi yang menarik dan berkualitas, serta serangkaian aktivitas layanan yang mudah dan ramah, sehingga menarik minat anak didik untuk memanfaatkan perpustakaan.

Dengan memaksimalkan perannnya, diharapkan perpustakaan dapat ikut  menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak didik, yang pada tahap selanjutnya anak didik menjadi mudah memahami materi pelajaran di kelas. Di samping itu, anak didik dapat dengan mudah mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu. Dengan demikian, pada akhirnya akan tercipta kecerdasan pada diri anak didik, sehingga prestasi pun relatif mudah untuk diraih.

Saya sebagai mahasiswa baru di Universitas Ciputra sangat terbantu dengan keberadaan UC Library, dengan adanya UC Library saya dapat mengembangkan minat baca saya karena begitu banyak fasilitas yang diberikan olehnya. Sebagai mahasiswa jurusan Accounting, saya sangat terbantu dalam proses pembelajaran karena begitu lengkap buku tentang jurusan akuntansi, serta juga buku tentang sistem informasi karena seorang akuntan sekarang tidak hanya dituntut untuk menjurnalkan sebuah laporan keungan tetapi juga dituntut untuk menganalisisnya.

UC Library berbeda dengan perpustakaan-perpustakaan di kampus lainnya, mulai dari masuk ruangan kita dapat melihat sebuah mini museum yang diinisiasi oleh Creative Heritage Studies Universitas Ciputra (CCHS-UC) yang memamerkan kekayaan kebudayaan Indonesia seperti keris, serta karakter wayang yang terletak di belakang setiap keris. Museum temporary ini berkolaborasi dengan Museum Gubug Wayang yang berada di Mojokerto, dan diharapkan dapat memperkaya pengetahuan civitas UC serta boleh mengingatkan bahwa budaya sebagai fondasi karakter bangsa sudah seharusnya dimiliki setiap generasi penerus di era milenial ini dan semua kalangan akademis memiliki jiwa patriotisme dan nasioalisme kebangsaan.

UC Library juga menyediakan banyak sekali fasilitas meja untuk membaca sehingga mempermudah mahasiswa dalam fokus belajar. Meja yang disediakan juga sangat membantu karena terdapat pembatas antar meja sehingga kita lebih fokus lagi, dan tidak mudah terganggu jika terdapat pembaca lain, fasilitas lainnya hampir sama dengan fasilitas-fasilitas yang perpustakaan lainnya seperti terdapat pendingin ruangan serta penerangan yang sangat cukup.

Ruangan UC Library terbagi dua yaitu ruangan Library Lounge yang berisi Mini Museum Temporary yang dapat kita lihat saat pertama kali masuk perpustakaan, dan ruangan kedua adalah Collection Room, tempat unuk menyimpan koleksi buku, yang sudah tertata berdasarkan kelas klasifikasi masing-masing buku, sehingga diharapkan mahasiswa depat dengan mudah mencari koleksi buku yang dibutuhkan.

Dengan fasilitas yang tersedia, sangat membantu mahasiswa UC yang memiliki keinginan untuk berkembang dan menambah wawasan dalam bidang Entrepreneurship. Siapapun yang ingin berkembang pasti berusaha menambah ilmu pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dan dengan terbiasa membaca buku, maka akan terasah otak dan pola pikirnya.

Kegiatan membaca harus dijadikan aktivitas sehari-hari. Buku harus dicintai dan bila perlu dijadikan sebagai kebutuhan pokok bagi kita civitas UC. Setelah terbiasa membaca, dapat pula dibiasakan berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan informasi yang telah dibaca. Dengan demikian, banyak baca, banyak tahu, otak semakin terasah.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *