Aksara Dunia untuk Warga Kejawan

Aksara Dunia untuk Warga Kejawan. Jawa Pos. 30 November 2015.Hal.32

SURABAYA – ada beberapa penyebab minimnya minat baca di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah minimnya perpustakaan. Karena itu, himpunan mahasiswa mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mendirikan perpustakaan umum di daerah Kejawan Putih, Surabaya.

Kemarin (29/11) mereka me-launching perpustakaan yang diberi nama Aksara Dunia itu. Peresmian dihadiri Kasi Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jatim Destina Kawanti dan Dewan Pendidikan Jatim Sulistyono Sugiono.

Sulistyono mengapresiasi gerakan pendirian perpustakaan umum tersebut. Menurut dia, inisiatif yang datang dari masyarakat, apalagi kalangan muda, perlu didukung terus. “supaya gairah membaca di kalangan masyarakat ini meningkat. Yakni, dengan menjamurnya perpustakaan umum,” paparnya.

Dia mengatakan, masyarakat kini tidak perlu bergantung terus kepada pemerintah. Sebab, masyarakat dapat menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan yang ada. “peran pemerintah tentu ada, tetap mendukung gerakan macam begini. Tetapi, masyarakat juga bebas untuk berpartisipasi,” tuturnya. Dia mengatakan, kedepan pihaknya menyumbang lebih banyak buku.

Perpustakaan tersebut didirikan atas dasar kepedulian mahasiswa. “Di daerah ini masih banyak anak yang belum bisa membaca. Mayoritas orang tuanya juga tidak tamat sekolah,” papar ketua Himpunan Mekatronika Mukhamad Aji Putra. Dengan adanya perpustakaan umum tersebut, masyarakat sekitar diharapkan terdorong untuk gemar membaca. “tidak hanya untuk anak-anak, tetapi ibu-ibu juga boleh datang,” imbuhnya.

Hingga kini telah terkumpul 800 buku. Jenisnya beragam. Mulai buku pelajaran anak-anak hingga buku bacaan untuk kalangan orang tua. “kami mengumpulkan dari beberapa donatur,” kata Aji. Selain itu, pihaknya mendapat dukungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, serta beberapa alumnus. “Alhamdulilah, banyak dapat sumbangan buku,” ucap Aji.

Sumber : Jawa Pos. 30 November 2015. Hal 32.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.