Agata Sofia Lolowang_Berani Berargumen. Surya. 18 Mei 2020. Psikologi

Setiap orang sering kali harus dihadapkan dengan perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap sesuatu yang membuat harus berargumen dari berada pasa situasi yang menegangkan.

Agata Sofia Lolowang (20), mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (UC) menganggap, argumen sebagai bukti nyata jika manusia bukanlah robot.

“Kalau robot sih menerima template saja, tapi kalau manusia mempunyai banyak dimensi seperti, emosi, kognisi, dan interest yang berbeda-beda, dan itu pasti memunculkan perdebatan. Argumen membuat orang terfasilitasi untuk mendapatkan benang merah satu dengan yang lainnya,” kata Agata.

Perempuan asal Sungailiat Kepulauan Bangka Belitung ini mengaku, mulai berani menyampaikan pendapat saat mengenal klub debat di UC.

“Nah ditempat inilah aku belajar bagaimana berargumen dengan baik, bahkan mampu win the argument dengan cara yang baik,” ujar perempuan kelahiran 6 Juli 1999.

Agata merasa dengan berargumen ia mendapatkan manfaat baik internal maupun eksternal.

Manfaat internal yang ia rasakan, mengasah empati utnuk membuat diri jadi peka terhadap permasalahan di sekitar dan berpikir kritis mengevaluasi masalah, sehingga mampu menciptakan solusi.

Sedang manfaat eksternal, ia menilai berargumen menjadi media untuk menularkan kemampuan. “Kalau udah ada pemantik, biasanya orang lain juga ikut membuat argumen, which is good,” ujar perempuan yang pernah Juara Lomba Debat Rector Cup 2020 ini.

Bagi Agata berargumen bukan untuk saling berdebat tanpa ujung, melainkan menghadapi sebuah problem dengan berbagai prespektif. Ia berharap, ke depan dapat menjadi influence dan dapat membantu mahasiswa lain untuk lebih berani menyampaikan pendapat.

“Saya sedang merancang kontern youtube dan instagram dalam waktu dekat. ini sudah menjadi goals hidup saya,” pungkas juara III Lomba Debat Psikologi Universitas Widya Mandala 2018 ini. (xia)

 

Sumber: Surya. 18 Mei 2020

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *