Adu Merdu Suara Se-Indonesia

SURABAYA – Sebanyak 320 siswa yang terbagi dalam delapan kelompok beradu olah vokal di auditorium lantai 7 Universitas Ciputra. Kemarin (28/1) mereka mengikuti Kompetisi Paduan Suara (KPS) 2018 di kampus tersebut. Kegiatan berskala nasional itu diselenggarakan khusus untuk pelajar SMA.

Tak hanya dari Surabaya, peserta juga berasal dari beberapa kota lain seperti Sidoarjo, Malang, Bekasi, hingga Medan. Tiap-tiap tim terdiri atas 40 siswa. Ada tiga lagu yang harus mereka bawakan. Yakni, folklore Indonesia, folklore Asia, dan satu lagu bebas.

Misalnya, yang dibawakan tim paduan suara SMAN 1 Sukatani, Bekasi. Dalam kompetisi itu, mereka menyanyikan tiga lagu. Yaitu, Over the Rainbow, Rosas Pandan, dan Sirih Kuning. “Latihannya sejak September lalu,” tutur Aprilia Eka Putri.

Siswi kelas XI SMAN 1 Sukatani itu bertindak sebagai konduktor paduan suara. Dia mengaku gugup karena merupakan konduktor termuda dalam kompetisi tersebut. Selain itu, baru kali pertama dia dan tim berlomba di lokasi yang jauh.

Ketua Panitia KPS 2018 Universitas Ciputra Ignasius Ferry Kurdianto Mutter menuturkan, paduan suara merupakan kompetisi yang menyenangkan, tapi juga menantang. Dalam kompetisi paduan suara, dibutuhkan kerja sama anggota tim yang solid.

Tidak hanya menampilkan kualitas vokal yang mumpuni, peserta juga diminta membuat koreografi sesuai lagunya. Ada kategori best programme untuk tim paduan suarayang mampu menyajikan penampilan terbaik. “Ada tiga juri yang menilai, masing-masing sudah ahli di bidangnya,” ujar Ferry.

Ini merupakan kali kedua Universitas Ciputra menyelenggarakan kompetisi paduan suara. Mereka mengadakan kompetisi tersebut dua tahun sekali.

 

Sumber: Jawa-Pos.29-Januari-2018

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *