Ada Dilan di UC Library

Dilan 1990 menjadi film Indonesia terlaris tahun 2018. Film yang diputar sejak 25 Januari 2018 tersebut berjumlah penonton terbanyak, yakni 6.243.703 dan ini adalah sebuah angka yang fantastis!

Berdasarkan novel karya Pidi Baiq dan berseting tahun 90-an, sosok Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan (19) menjadi magnet utama bagi pengunjung film. Digambarkan Dilan adalah sosok siswa SMA yang berusaha mendekati seorang siswi, Milea dengan pendekatan yang antimainstream, dan sekaligus ia dikenal sebagai seorang siswa yang siap tawuran demi membela nama sekolahnya. Menarik perhatian ketika Dilan nge-gombal buat Milea dengan kata-kata yang puitis yang enggak umum. Salah satu contohnya, “Jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, Milea. Nanti, besoknya, orang itu akan hilang!” Kata-kata gombal bernada ancaman namun sangat ampuh melelehkan hati setiap cewek yang mendengar.

Dillan menyapa kembali tahun ini. Yup, film sekuelnya, Dilan 1991 akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 28 Februari 2019! Film romantis yang melanjutkan kisah Dilan dan Milea dimasa SMA ini menceritakan pada masa awal berpacaran mereka dimana Milea mengalami banyak hal indah bersama sang pujangga, Dilan.

Di mata Milea, Dilan termasuk orang yang cerdas dan pintar di kelasnya, buktinya dia selalu mendapatkan ranking satu atau dua, namun satu hal yang selalu membuat Milea cemas adalah bergabungnya Dilan dengan geng motor apalagi Dilan menjabat sebagai Panglima Perang. Milea selalu cemas jika terjadi hal buruk yang menimpa Dilan karena geng motornya. Suatu malam, Milea pernah memergoki Dilan tawuran. Meski tawuran itu adalah aksi balas dendam Dilan demi Milea, Milea tetap tidak suka. Dilan tak pernah kapok walaupun dia sempat dimasukkan ke penjara selama 1 minggu dhingga diusir oleh ayahnya. Keduanya jadi sering berdebat tentang masalah geng motor. Kecemasan selalu melanda hati Milea hingga ia merasa tidak nyaman lagi berpacaran dengan Dilan. Ia meminta putus. Sejak peristiwa itu Dilan menjauh dari Milea. Kesedihan semakin melanda Milea, karena ia sebenarnya masih mencintai Dilan.

Nah buat kalian yang penasaran dan pengen tahu kelanjutannya? Jangan lupa nonton di bioskop. Tapi kalau kalian pengen tahu kelanjutannya lewat novelnya, jangan kuatir, di UC Library ada kumpulan novel Dilan series karya Pidi Baiq ini lho. Silahkan bagi sivitas UC untuk membaca/meminjam buku ‘Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 – Bagian Kedua’ (Call Number: BAI d V-2, DDC: 889.2213) di UC Library. Ada juga novel Dilan series lain karya Pidi Baiq seperti ‘Dilan : dia adalah Dilanku tahun 1990’ (Call Number: BAI d, DDC: 889.2213) dan ‘Milea : suara dari Dilan’ (Call Number: BAI m, DDC: 889.2213). Happy reading. 😉

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *