Letusan Gunung Merapi, Menghasilkan Biji Robusta dengan Rasa yang Unik.

Letusan Gunung Merapi, Menghasilkan Biji Robusta dengan Rasa yang Unik.

Masih teringat jelas peristiwa meletusnya gunung merapi di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Puluhan warga menjadi korban dan tidak sedikit pula yang kehilangan sumber penghasilannya. Ditengah bencana yang menyedihkan ternyata mukjizat datang. Akibat dari lava gunung merapi yang meletus, biji kopi robusta yang dihasilkan oleh Sumijo memiliki rasa yang unik. Berbeda dengan biji-biji robusta lainnya yang tumbuh dengan pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya, biji robusta dari gunung merapi bisa tumbuh dengan baik tanpa menggunakan zat-zat tersebut.

IMG_0055

Melihat adanya potensi kelezatan kopi robusta dari gunung merapi, Lisa Virgiano seorang founder of underground secret dining Indonesia bekerja sama dengan Sumijo yang merupakan kepala koperasi kebun makmur desa Petung Kapuharjo Merapi mencoba untuk memperkenalkan kelezatan robusta merapi. Bersama dengan kolega, mereka mendirikan warung kopi sruput di Kemang Jakarta.

IMG_0052

Kedua narasumber yang luar biasa ini datang mengunjungi universitas entrepreneurship, Universitas Ciputra (UC) untuk membagikan pengalaman mereka dalam menemukan dan mengelola kopi robusta merapi. Lisa juga memberikan contoh kue hasil dari biji kopi tersebut kepada mahassiwa/i Culinary Business UC. Mereka merupakan contoh seorang entrepreneur sejati yang dapat mengubah musibah menjadi mukjizat.

IMG_0044