Launching Gae koen Tok “Merubah Kendala Menjadi Vitamin Berbisnis “

Launching Gae koen Tok “Merubah Kendala Menjadi Vitamin Berbisnis “

Minggu, 30 oktober 2011 – Abibayu Gustri Kamadjaja, mahasiswa IBM (International Business Management) semester 7 Universitas Ciputra (UC) telah membuktikan dirinya menjadi seorang entreprenuer di bidang merchandise. Usaha yang ia bangun bernama “Gae Koen Tok” yang artinya “ Hanya Untukmu Ini” memiliki tema yang khas serta lokal yaitu merchandise kota Surabaya .
Usaha ini dibangun ketika Abibayu duduk di semester 4 bersama 3 teman lainnya. Seiring jalanya waktu pada akhirnya bisa membuka usaha ini di Jalan Klampis Jaya E-17 Surabaya .
Melalui sebuah tujuan dan ide awal yang jelas serta observasi yang dilakukan terlebih dahulu Abibayu beserta tim berani mengambil langkah untuk memulai bisnis ini. Menurut Abibayu walaupun usaha merchandise Surabaya sebelumnya sudah memiliki pesaing bisnis yang sudah lama berdiri namun bidang ini masih memiliki peluang pasar yang cukup baik. Awalnya usaha ini dibangun melalui kumpulan modal dari semua anggota tim , Namun berkat ketekunan serta kerja keras yang tinggi memberikan hasil yang cukup baik
sehingga usaha mereka berkembang.
Seiring berjalannya waktu, anggota tim mulai gugur satu persatu karena berbagai hal, namun tidak menyurutkan tekad seorang Abibayu menjadi seorang entrepreneur di bidang merchandise khas Surabaya. Menurutnya, sangat disayangkan jika usaha ini harus terhenti. Dengan kemampuannya yang ada, Abibayu berusaha mempertahankan bisnisnya dengan terus berinovasi. Untuk mempertahankan usaha ini memang membutuhkan usaha serta nilai yang harus dibayar seperti modal yang dibutuhkan semakin besar, namun tidak  menyurutkan langkahnya untuk terus ber-entrepreneur . Semakin besar modal yang di butuhkan membuat mahasiswa International Bussines Management ini mengambil langkah untuk kredit modal dengan bunga . Sebelumnya Abibayu telah memperhitungkan secara matang , apakah omset serta laba yang akan didapatkan memungkinkan untuk kredit modal.
Dalam perjalanannya mempertahankan Gae Koen Tok ini memanglah tidak mudah karena kendala/masalah selalu menerpa, namun baginya “ kendala ibarat sebuah vitamin yang dapat memberikan kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih sehat” ujar Abibayu. Semua masalah yang diterimanya selalu bisa di renungkan dan di selesaikan sampai tuntas. Masalah yang pernah terjadi, seperti mundurnya rekan anggota kelompok satu persatu sempat menjadi dilema apakah usaha ini harus diteruskan atau tidak. Disisi lain adalah,
masalah kesepakatan dengan pemilik tempat usaha. Abibayu juga berpesan bagi teman-teman kuliahnya bahwa mereka sudah berada ditempat yang tepat untuk menjadi entrepreneur namun akan percuma jika tidak dimanfaatkan dengan benar walau telah berkuliah hingga 7 atau 10 tahun sekali pun, untuk itu lakukan sesuatu. Bagi Abibayu telah terbukti
baginya menjadi seorang entrepreneur merupakan sebuah tindakan dan aksi nyata yang patut di perjuangkan melalui proses yang sangat Panjang.

Hal penting lain selain tindakan dan aksi nyata adalah menemukan passion yang begitu besar sehingga dalam ber-entrepreneur akan sangat membantu.(vky32)