Kunjungan Calon 28 Wisudawan Terbaik UC ke Kantor Wakil Presiden RI Jakarta

Kunjungan Calon 28 Wisudawan Terbaik UC ke Kantor Wakil Presiden RI Jakarta

Kunjungan Ke Sekretariat Wapres RI

Kunjungan Ke Sekretariat Wapres RI

Hari Selasa tanggal 20 September 2011, 28 calon wisudawan terbaik Universitas Ciputra (UC) di dampingi oleh Pak Ci (panggilan akrab Pak Ciputra), Bapak Harun Hajadi (CEO Ciputra Group), Bapak Antonius Tanan (Direktur Program UC Entrepreneurship Center & Ciputra Entrepreneurship School), Bapak Denny Bernardus (Yayasan Pendidikan Ciputra), serta jajaran Rektorat dan Dekanat UC berkesempatan bertemu langsung dengan Wakil Presiden RI, Bapak Budiono di kantor Sekretariat Wakil Presiden RI Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta.

Selain ramah tamah, pada kesempatan yang baik ini Pak Budiono berdiskusi tentang Entrepreneurship. Mengawali pertemuan ini, Bapak Tony Antonio (Rektor UC) menyampaikan sambutannya dan dilanjutkan sambutan Pak Budiono. Setelah menyampaikan sambutannya, Pak Budiono berdiskusi dan bertanya-jawab dengan wisudawan. Sesi foto bersama di teras Kantor Wakil Presiden RI menutup pertemuan yang berlangsung +/- 90 menit itu.

Berikut liputan selengkapnya:
Dalam sambutannya, Bapak Tony Antonio (Rektor UC) menyampaikan keunggulan-keunggulan UC dan menceritakan sedikit sejarah berdirinya UC tahun di tahun 2006. Saat ini pendidikan di UC menonjolkan aspek Entrepreneurship “ada total 2.376 mahasiswa serta 170 dosen yang berbanding 1:1 antara akademisi serta praktisi.”, imbau Pak Tony. Juga disampaikan bahwa UC telah memiliki banyak partner startegis yang dapat mendukung program Entrepreneurship seperti Bank Jatim yang menyokong omzet total dari 159 mahasiswa pada wisuda ke-2 yang sudah memulai bisnis mereka sebesar Rp. 4,96 miliar/bulan.

Sambutan Pak Budiono dengan singkat menyampaikan rasa bangga dan salut beliau kepada Pak Ciputra yang dinilai berhasil menjalankan program pendidikan Entrepreneur dan mencetak Entrepreneur-Entrepreneur muda yang berkualitas.

“Saya mengindikasikan, di negara berkembang dan di negara maju terdapat 3 masalah utama yaitu job, job, dan job. Banyak penduduk yang haus akan pekerjaan dan ironisnya anak muda menguasai 3 hingga 4 kali populasi tersebut. Oleh karena itu, akan sangat mulia apabila adanya instansi pendidikan yang sudah bisa menciptakan Entrepreneur muda yang dapat menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar kita”, demikian imbauan mantan Gubernur BI tersebut. Selanjutnya disampaikan “Secara demographic dividen, Indonesia diprediksi dalam 1 atau 2 dekade kedepan akan mengalami peningkatan angkatan muda dibanding angkatan produktif kerja sehingga apabila tidak ada lapangan kerja akan sangat membahayakan situasi lingkungan kita kedepan.

Setelah memberi arahan pandangan tentang Entrepreneurship, Pak Budiono membuka sesi dialog dengan calon wisudawan UC. Pertanyaan pertama disampaikan oleh Billy Lukito Joeswanto, calon wisudawan dari progdi IT, menyampaikan pertanyaan seputar masalah kebijakan pemerintah untuk larangan ekspor bahan mentah pada tahun 2014 yang dapat memberikan kesempatan Entrepreneur untuk menggeliati proses kebijakan. Merespon pertanyaan tersebut, Pak Budiono meyakini bahwa Entrepreneur akan memiliki peran penting dalam bidang shipping baik di dalam maupun di luar negeri. Hal tersebut diperkirakan akan berkembang pesat sekitar tahun 2020.

Pertanyaan kedua disampaikan oleh Buana Perkasa, calon wisudawan dari progdi IBM, yang bertanya posisi Entrepreneurship saat ini dalam pemikiran Wapres RI. Merespon pertanyaan tersebut, Pak Budiono secara kualitatif menyatakan bahwa Entrepreneurship penting pada saat ini dan kedepan, namun belum menjadi prioritas utama bangsa ini. Masih banyak problema dari bangsa ini yang perlu diperhatikan seperti masalah kemiskinan. Pertanyaan terakhir, disampaikan oleh Christine Purnama Sari, calon wisudawan dari progdi Psikologi yang bertanya bagaimana Wapres secara pribadi melihat Entrepreneurship. Merespon pertanyaan tersebut, Pak Budiono mengatakan bahwa Entrepreneurship sangat dibutuhkan dan memang sudah layaknya dikembangkan terutama kalangan muda karena kalangan mudalah yang memiliki idealisme tinggi dan apalagi idealisme tersebut merupakan idealisme yang dapat memajukan kemajuan bangsa karena kemajuan bangsa berbanding lurus dengan kemajuan masyarakat.

Selesai menjawab pertanyaan terakhir, rombongan berjabatan tangan dengan Pak Budiono dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Foto Bersama Bapak Wapres RI

Foto Bersama Bapak Wapres RI

Sebagai penutup, calon wisudawan juga tidak lupa menggunakan kesempatan ini dengan berfoto bersama Pak Ciputra.

Mahasiswa UC Foto Bersama Dengan Pak Ci

Mahasiswa UC Foto Bersama Dengan Pak Ci

Karena kesempatan langka, mobil dinas RI-2 pun menjadi sasaran favorit untuk teman foto foto.

Mejeng dengan mobil dinas RI-2

Mejeng dengan mobil dinas RI-2

“Sangat berkesan bisa bertemu dan beramah tamah dengan Wakil Presiden RI, beliau sangat welcome atas kehadiran kami (calon-calon Entrepreneur muda red).”, imbau Revie Christanto Gozali, calon wisudawan dari progdi IBM.