Kuliah Umum Agama – Peran Positif Agama terhadap Politik

Kuliah Umum Agama – Peran Positif Agama terhadap Politik

“Peran Positif Agama terhadap Politik”

(Surabaya, 5/03/2018) “Sejarah menyaksikan bahwa agama tidak bisa dipisahkan dari politik. Dalam sejarah juga nyata agama bisa memengaruhi secara negatif, yaitu saat agama dijadikan alat untuk tujuan kekuasaan”.

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari Kuliah Umum Mata Kuliah Agama dengan topik “Peran Positif Agama terhadap Politik”, yang disampaikan oleh Dr. H. Rumahdi Ahmad (Ketua Lakpesdam PBNU) dan Pdt. Dr. Andreas A. Yewangoe (Ketua Majelis Pertimbangan PGI), Sabtu, 3 Maret 2018 di Universitas Ciputra.

Mahasiswa mengikuti paparan dari narasumber dengan antusias. Mereka yang saat ini mulai belajar berorganisasi didalam kampus, mendapat wawasan yang jelas dan detail terkait dengan ranah politik dan ranah agama yang keduanya tidak bisa dicampuradukan dalam penerapannya. Kedepannya saat mahasiswa mulai masuk dalam ranah politik, mereka dapat menerapkan dengan benar.

Ibu Lili Kristanti selaku Pengelola MKU UC menyampaikan, “Saya berharap mahasiswa bisa dengan cerdas menilai dan membedakan mana ranah politik dan mana ranah agama. Mahasiswa juga secara positif bersikap kritis baik terhadap politik maupun terhadap agama yg sering dipolitisasi”.

(Kontributor : Erlita Tantri)