Kuliah Perdana HTB : Make a Career in Tourism Industry

Kuliah Perdana HTB : Make a Career in Tourism Industry

Pemberian kenang-kenangan oleh Kaprodi Hotel and Tourism Business, Bapak Dewa Gde Satrya

Setelah melalui minggu orientasi, akhirnya semester ganjil pun dimulai. Mahasiswa jurusan Hotel and Tourism Business Universitas Ciputra, angkatan 2016 – 2018 bersama – sama mengikuti kuliah perdana. Kuliah perdana kali ini, Senin (6/8) mengundang 2 (dua) pembicara yang merupakan Profesional di bidang Hospitality dan Tourism.

Hotel and Tourism Business mengundang Bapak Josia Wirantama – Branch Manager PT. Golden Rama Tours & Travel serta Bapak Thomas Evrard selaku General Manager The Majapahit Hotel Surabaya managed by Accorhotels untuk membawakan talk show dengan tema “Make a Career in Tourism and Hotel Industry”.  Artikel kali ini akan membahas mengenai Talk Show bersama Bapak Josia Wirantama dengan tema “Make a Career in Tourism Industry.”

Bapak Josia mengawali karirnya sebagai peserta magang (intern) pada saat libur semester semasa kuliah. Beliau mengajukan diri untuk menjadi Tour Guide dan juga Tour Leader untuk mengumpulkan pengalaman dan menambah pengetahuan. Dimulai dari membawa tur Jawa-Bali overland, yaitu perjalanan selama 17 hari mengunjungi Bandung-Jakarta-Jogjakarta-Bromo-Banyuwangi-Bali melalui jalur darat, sampai akhirnya beliau dipercaya untuk menjadi Tour Leader ke luar negeri.

Bapak Josia menceritakan pengalamannya sebagai seorang Tour Leader, “Jadi TL juga harus mau repot, pekerjaannya tidak mengenal waktu. Kalau tidak mau repot boleh jadi peserta, tapi harus bayar.”, hal ini rupanya juga karena melihat karakter tamu di Indonesia yang juga sangat bergantung pada Tour Leader.

Berikut ini tips dari Bapak Josia untuk menjadi seorang Tour Leader atau Tour Guide yang baik:

  1. Yang pertama dan terutama adalah mau belajar. Sebuah destinasi baru dapat dipelajari melalui buku – buku ensiklopedia maupun googling.
  2. Dengan suka hati mau suka menolong.
  3. Tidak malu mengakui kesalahan, terutama pada tamu.
  4. Anda harus menyukai apa yang Anda kerjakan.

“Bertemu dengan orang dan destinasi yang baru dapat menjadi sebuah pengalaman dan semangat yang baru untuk kita sebagai Tour Leader. Bukan hanya soal jalan – jalan dan dapat uang tetapi tentang banyak hal – hal baru yang bisa kita dapatkan selain dari pengalaman itu sendiri.”, tutup Bapak Josia.

 

Sumber : www.uc.ac.id/htb