Kuliah Perdana Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra oleh Prof. Dr. Soetodjo. dr., Sp.U (K)

Kuliah Perdana Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra oleh Prof. Dr. Soetodjo. dr., Sp.U (K)

Sidang senat dilaksanakan pada 29 Agustus 2016 dengan agenda pengukuhan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra angkatan 2016. Dipimpin oleh Ir. Tony Antonio, M.Eng. selaku Rektor, sidang ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta baik dari kalangan civitas akademika, undangan maupun segenap angkatan 2016 mahasiswa kedokteran UC yang hari itu dilantik. Penyematan jas almamater kepada dua mahasiswa dilaksanakan sebagai simbol diterimanya angkatan 2016 sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Ciputra. Dalam sambutannya Rektor Universitas Ciputra Ir. Tony antonio, M.Eng. menyampaikan “Hari ini adalah another milestone for UC, selamat berjuang pasukan jas putih sebagai angkatan buah sulung dari Fakultas Kedokteran, kami akan mendukung untuk kesuksesan anda. Perjalanan seribu kilometer dimulai dari langkah pertama & perjalanan anda menjadi dokter yang berkompeten dimulai dari hari ini”

Seusai rangkaian kegiatan seremoni dilaksanakan kuliah perdana oleh Prof. Dr. Soetojo. dr., Sp.U (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Unair di ruang theater Universitas Ciputra. Dalam kuliah perdana ini diangkat tema mengenai “Tantangan Dunia Kedokteran Indonesia Di Era Modern Dan Globalisasi (MEA)”

50 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang mengikuti kuliah ini merupakan mahasiswa yang terpilih karena sebelumnya mereka harus bersaing dengan pendaftar yang mencapai jumlah lebih dari 400 orang dari seluruh Indonesia dan melewati proses saringan dan ujian yang cukup ketat.

Elsa, salah satu mahasiswa dari Nabire Papua pagi itu mengajukan pertanyaan dalam perkuliahan, “Saya dari daerah yang cukup terpencil dan masih kekurangan dokter. Bagaimana tanggapan Profesor Soetojo tentang tenaga kesehatan asing yang masuk karena MEA?”.

Pertanyaan yang dilontarkan langsung dijawab oleh Prof. Soetojo “Dokter Indonesia sudah harus semakin mempersiapkan diri dan memang harus turun ke daerah yang kekurangan dokter, kalau tidak maka tenaga asing yang akan masuk kesana. Diperlukan koordinasi dari semua pihak termasuk pemerintah untuk mendukung sarana dan prasarana kedokteran di daerah”.

IMG_9432IMG_9365IMG_9395

Tim Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra juga menyampaikan rasa terimakasih bagi seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu dalam proses berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra, secara khusus bagi para undangan yang hadir dalam kuliah perdana ini :

Drg. Febria Rachmanita                  – Direktur RSUD dr. M. Soewandhie

Drg. Rince Panggalia, M. Kes         – Wadir Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD dr. M. Soewandhie

Dr. Adi Wirachjanto, M. Kes          – Direktur RS Jiwa Menur

Dr. Maya Syahria Saleh, M. Kes    – Direktur RS BDH

Dr. Prijambodo Tjatur Adi, Sp. U  – Direktur RS Mojowarno

Dr. Trihardjo Saelan                         – RS Reksa Waluya

Dr. Endang P. Sp. THT-KL             – Direktur Ibnu Sina Gresik

Dr. Bimo Sasono Sp. OT(K)            – Ketua Bakordik RSUD dr. M. Soewandhie

Dr. RR. Endah Yudiantini, MM.    – Sekeretaris Bakordik RSUD dr. M. Soewandhie

Halim Kamajaya, SE. MM.              – Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD dr. M. Soewandhie

Dr. Carlos Gracia S dr.,SpOT(K)    – Dokdiknis RSUD dr. M. Soewandhie

IMG_9498IMG_9665