Kuliah Asyik dan Belajar Berpikir Kritis dalam Kuliah Tamu “Work Family Conflict & Balance”

Kuliah Asyik dan Belajar Berpikir Kritis dalam Kuliah Tamu “Work Family Conflict & Balance”

Sebagai manusia kita pasti mempunyai keinginan dan harapan supaya dapat memiliki karir atau bisnis yang sukses di masa depan dan diiringi dengan keluarga yang harmonis dan hangat. Namun pada kenyataanya kedua hal tersebut jarang atau susah sekali dicapai dalam kehidupan nyata, kedua hal tersebut sangat sulit untuk bisa diseimbangkan satu sama lain mengingat bahwa kita sendiri adalah manusia yang subjektif. Fenomena yang sering dijumpai di masyarakat adalah karir atau bisnis yang sukses namun kehidupan keluarga terbengkalai atau sebaliknya yaitu memiliki keluarga yang harmonis dan hangat namun tidak begitu sukses dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, sebagai program studi yang terus membantu mahasiswanya untuk semakin dapat memahami perilaku dan pikiran manusia, maka fakultas Psikologi Universitas Ciputra mengadakan kuliah tamu dengan tema “Work Family Conflict & Balance”. Kuliah tamu ini berlangsung pada Kamis, 8 Maret 2018 di ruang Theater Universitas Ciputra, dan dipimpin oleh Dr. Dra. Artiawati Mawardi, M.App. Psych yang sudah berkompeten dalam bidang konselor Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) serta merupakan seorang dosen berkompeten di salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Kuliah tamu ini sendiri merupakan kuliah gabungan antara dua mata kuliah yang memiliki keterkaitan satu sama lain yaitu mata kuliah Work & Organizational Psychology dan Occupational Wellness. Dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena bahwa manusia kurang bisa menyeimbangkan kehidupan keluarga dan dunia kerja, tujuan dari diadakannya kuliah tamu ini adalah supaya para mahasiswa mampu menganalisis, melihat, dan memanagemen work-family conflict yang sering terjadi di masyarakat atau sekitarnya, serta supaya dapat menjadi bekal kelak bagi para mahasiswa ketika suatu saat mereka menghadapi situasi yang serupa dalam hidupnya. Dihadiri oleh berbagai angkatan mahasiswa, dosen, dan karyawan, kuliah tamu ini menjadi sangat menarik perhatian karena pembicara tidak hanya menyampaikan teori dan tips saja, melainkan pembicara juga memaparkan tentang penelitian yang telah dilakukannya dalam hal work-family conflict & balance yang telah dilakukannya di 10 negara bersama tim-nya dan membagikan hasil penelitiannya tersebut kepada para pendengar. Sehingga para pendengar memiliki gambaran dan pandangan yang lebih luas dan nyata dalam hal tersebut.

 

Kontributor : Theresia Stefani Wijaya – Psychology – 2016