Seminar Peran Rumah Sakit Pendidikan Dalam Mencetak Dokter Yang Kompeten

Seminar Peran Rumah Sakit Pendidikan Dalam Mencetak Dokter Yang Kompeten

(Surabaya-21/04/2017) Peran Rumah Sakit Pendidikan dalam mencetak dokter yang kompeten tidak dapat dipandang sebelah mata. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 93 tahun 2015 tentang Rumah Sakit Pendidikan, menyebutkan bahwa Rumah sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

Kompetensi dalam kedokteran klinis antara lain kemampuan melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.

Sedangkan kemampuan mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara konprehensif, holistic, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer menjadi kebutuhan kompetensi unuk pelayanan kesehatan yang baik.

Kebijakan BPJS yang berlaku dimana pasien harus pertama kali di rujuk ke rumah sakit tipe C, dan jika tidak dapat ditangani baru bisa dirujuk ke rumah sakit tipe B, dan terakhir baru ke rumah sakit tipe A, menyebabkan potensi kasus yang ada di Rumah Sakit pendidikan tipe A menjadi minim.

“Minimnya pasien berarti minim kasus, minim juga lapangan keterampilan bagi calon dokter”, tutur Dr. dr. Hudi Winarso, M.Kes, Sp.And., wakil dekan Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya.

“Semakin banyak kasus (penyakit, red) yang ada di rumah sakit pendidikan akan menguntungkan mahasiswa kedokteran, karena banyak juga kasus yang dipelajari dan ditangani,” imbuhnya. “Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra dengan RS Dr. Moch. Soewandhie Surabaya yang merupakan Rumah Sakit Pendidikan tipe B ini sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama  merupakan asset penting untuk mendukung pendidikan klinik para calon dokter untuk mencapai kompetensi yang dipersyaratkan”, paparnya menegaskan.

Hari/ Tanggal :  Jumat/ 21 April 2017
Jam  : 09.00 – 11.30  WIB
Tempat  : Ruang Theater Universitas Ciputra, Lantai 7
Narasumber :
(1) Prof Dr. Nancy Margarita Rehatta, dr., Sp.An. (K)
Konsil Kedokteran Indonesia-bidang Pendidikan.
Ketua Medical Education and staff Development Unit/ MERSDU-FK UNAIR)
(2) Drg. Rince Pangalila, M.Kes.
WaDir Pelayanan Medias RS Dr. Moch. Soewandhi Surabaya.