Kiat-kiat Menjadi Entrepreneur Sukses Menurut Hary Tanoesoedibjo

Kiat-kiat Menjadi Entrepreneur Sukses Menurut Hary Tanoesoedibjo

(11/2) Menjadi seorang entrepreneur sukses tentu merupakan mimpi dari setiap orang, namun bagaimana mewujudkannya? Hary Tanoesoedibjo atau yang akrab disapa Hary Tanoe merupakan salah satu contoh seorang entrepreneur sukses di Indonesia. Berbagai bidang bisnis telah dilakoninya. Hingga saat ini, beliau telah menjabat di beberapa posisi penting dalam bisnisnya diantaranya sebagai CEO dari MNC grup dan Founder dari PT. Bhakti Investama Tbk yang bergerak di bidang saham. Kesuksesannya tidak datang begitu saja. Bermacam-macam rintangan telah beliau jalani. Dalam seminar yang diadakan di ruang auditorium Universitas Ciputra (UC) Hary Tanoe menceritakan kisahnya.

IMG_0563

Selama kurang lebih tiga jam lamanya Hary menjelaskan mengenai proses perjalanan bisnisnya dari yang gagal hingga berhasil. Salah satunya adalah bagaimana bisnis telepon Fren miliknya nyaris mengalami kegagalan. Kala itu, Hary telah memegang beberapa macam bisnis sekaligus sehingga kurang bisa fokus mengurus Fren. Fren pun akhirnya mengalami kerugian besar. Akibatnya Hary terpaksa harus menjual sebagian besar sahamnya di Fren agar Fren bisa stabil kembali. Dari sini Hary menekankan bahwa bisnis apapun yang terpentinga adalah perhatian kita dalam menjalankanya. Apabila kita benar-benar berusaha maka niscaya bisnis tersebut akan berjalan dengan baik.

IMG_0566 IMG_0578

Selain menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam berbisnis, Hary juga mengajarkan kepada para mahasiswa International Business Management (IBM) dan International Hospitality and Tourism Business (IHTB) mengenai kiat-kiat, tips dan pentingnya strategi marketing yang baik. Dalam berbisnis marketing merupakan hal yang sangat penting karena seberapa bagus sebuah bisnis tetapi tidak mempunyai kemampuan memasarkan maka bisnis tidak akan dapat berjalan secara optimal.

IMG_0615

Ingin tahu bagaimana mahasiswa UC menjalankan bisnisnya? ikuti EJOURNEY

Jangan Lupa untuk follow Twitter dan Add Facebook kami

facebook twitter

karena banyak kuis dan menangkan hadiahnya!