Kenali Metaverse Dengan Bijak

Apakah anda seorang gamer ? jika anda merupakan seorang gamer, anda pasti sudah sering memainkan aneka macam game. Game sendiri dibagi menjadi 2 kategori yaitu game online dan game offline. Memainkan game tentunya akan memberikan kesan menyenangkan. Bagaimana tidak ? dengan memainkan game, anda sudah pasti akan merasa terhibur dan dengan memainkan game, paling tidak beban pikiran akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga membuat otak akan rilex kembali.

Sekarang ini sudah sering terdengar tentang istilah metaverse. Metaverse itu apa ? metaverse merupakan salah satu dampak dari adanya perkembangan teknologi yang dapat disimpulkan jika metaverse ini merupakan suatu bentuk pelampauan alam semesta yang dibalut dengan konsep teknologi. Anda yang seorang pemain game, tentunya sudah sering memainkan game metaverse. Bukan hanya game metaverse saja, namun meteverse sendiri sudah masuk hingga dunia perbankan.

Crypto Metaverse

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah crypto. crypto merupakan uang digital yang dapat dimiliki oleh siapa saja. Uang digital crypto ini tentunya juga ditampung melalui dompet digital yang nantinya dapat anda transfer ke rekening bank anda. Banyak orang yang sudah bermain dengan uang digital atau crypto. pada umumnya, jika anda ingin mulai bermain crypto, tentunya anda harus memiliki dompet digital dan juga akun di situs crypto. Umumnya, banyak orang melakukan jual beli aset dengan menggunakan crypto.

Sebagai contoh anda dapat membuat avatar game dan aset avatar game yang anda buat akan anda jual dan anda akan mendapatkan keuntungan dari penjualan asset crypto avatar tersebut. Jika dihubungkan dengan metaverse, sebagai contoh ada game yang anda mainkan dengan menggunakan avatar yang telah anda beli dari orang lain, lalu anda membeli item tambahan untuk avatar tersebut. Nah itulah sedikit penjabaran hubungan antara crypto dengan metaverse.

Dampak Metaverse

Dengan zaman yang makin maju, maka akan semakin berkembang pula teknologi yang ada. Metaverse menjadi dampak dari perkembangan teknologi tersebut. Memang dengan adanya metaverse, anda akan dihadapkan dengan pengalaman serta sensasi baru. Namun perlu anda ketahui jika dalam metaverse pastilah ada dampaknya.

Dari metaverse sendiri ada dampak positif bahkan negative. Berikut merupakan dampak positif serta negatif dari metaverse itu sendiri :

Dampak Positif metaverse Dampak Negative metaverse
1. Pengalaman

Metaverse akan memberikan pengalaman baru bagi anda.

1) Keamanan Data Diri

Karena terkoneksi ke internet, pencurian data

dapat terjadi.

2. Ekspresi

Anda dapat membuat avatar diri anda dalam bentuk 3D dan dapat bertemu dengan orang lain melalui avatar metaverse.

2) Adanya AdiksI

Adiksi ini maksudnya adalah kecanduan teknologi / gadget.

3. Teleportasi

Anda dapat bepergian ke manapun hanya dari rumah anda. Jadi di sini anda bepergian melalui dunia metaverse namun hal tersebut akan kelihatan nyata.

3) Depresi

Depresi dapat terjadi karena adanya korban bullying di dunia maya.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan masuk ke dunia metaverse, tentunya anda akan semakin bersemangat dalam menjalani hari-hari anda.

Memang dengan kita masuk ke dalam dunia metaverse, kita akan masuk ke dunia virtual yang terkesan nyata. Namun tentu saja anda harus dapat berfikir bijak. Jangan sampai anda terhanyut dalam dunia virtual tersebut namun anda lupa dengan dunia nyata. Metaverse memang menarik, namun anda tetap harus bijak dalam penggunaan metaverse. Jangan lupakan dunia nyata anda hanya karena anda sudah kenal dengan metaverse.

Artikel lain