Kemeriahan Rangkaian Acara SubFest 2015

Kemeriahan Rangkaian Acara SubFest 2015

Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Universitas Ciputra memiliki cara yang unik dan ide kreatif untuk memperingati dan mengapresiasi pemaknaan Hari Pahlawan tersebut. Tepatnya pada tanggal 20 – 22 November 2015 digelar sebuah acara besar bertajuk SubFest yang diselenggarakan di Monumen Kapal Selam Surabaya. Acara SubFest ini diselenggarakan oleh Universitas Ciputra yang melibatkan kurang lebih 1.000 mahasiswa semester 1 Universitas Ciputra. Mahasiswa-mahasiswa ini memang sengaja diajarkan untuk menjadi event organizer atau penyelenggara sebuah acara yang besar untuk Kota Surabaya.

Memaknai Hari Pahlawan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang terpenting adalah tetap menanamkan nilai-nilai kepahlawanan seperti saling membantu sesama, berjuang untuk pendidikan Indonesia, dan lain sebagainya. Maka dari itu acara SubFest ini sengaja diselenggarakan bertempat di Monumen Kapal Selam Surabaya agar spirit kepahlawanan dapat dirasakan dengan kuat oleh masyarakat Surabaya. Rangkaian acara Subfest ini tergolong menarik dan meriah. Hal ini terbukti dari banyaknya rangkaian acara yang diselenggarakan yaitu seperti konser musik, acara charity, NovembeRun, parade Reog Ponorogo, bazaar makanan dan pasar apung, serta masih banyak yang lainnya.

Pada tanggal 20 November yaitu pada hari pertama pembukaan rangkaian acara SubFest, diikuti oleh Komunitas Sepeda Surabaya yang terdiri dari semua golongan usia baik tua dan muda, semua partisipan terlihat sangat bersemangat menyambut event ini. Selain itu terdapat parade budaya yang terdiri dari banyak masyarakat dengan talenta yang beragam. Misalnya saja terdapat parade musik dan tari yang diperagakan oleh tidak hanya orang dewasa melainkan juga oleh anak-anak yang berbakat. Salah satu tarian yang ditampilkan dalam parade adalah Reog Ponogoro. Salah satu pencapaian dalam acara ini adalah tercapainya pemecahan rekor MURI yaitu dengan terdapat sebanyak 2000 penari tari tradisional Remo dengan teman Dance and Donate yang menari secara bersamaan. Tidak lupa rangkaian acara SubFest ini diresmikan oleh Rektor Universitas Ciputra yaitu Bapak Tony Antonio dengan proses pengguntingan pita sebagai simbolik peresmian pembukaan acara.


Pada hari kedua event SubFest ini diselenggarakan acara bertajuk NovembeRun. Acara ini merupakan olahraga lari dengan jarak 5KM yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dengan membayar biaya pendaftaran yaitu berkisar antara 75 ribu hingga 100 ribu rupiah. Rute NovembeRun dimulai dari Monumen Kapal Selam dan akan berakhir kembali di Monumen Kapal Selam Surabaya. Tema dari NovembeRun ini sendiri adalah “Fun Night Charity”. Acara NovembeRun ini ditutup dengan penampilan musik bertema Rave Party. Selain NovembeRun, Monumen Kapal Selam juga masih menghadirkan 15 pasar apung atau floating market serta sebanyak kurang lebih 23 stand yang menawarkan berbagai makanan dan minuman bagi pengunjung yang digelar selama tiga hari berturut-turut.

Hari Minggu merupakan hari terakhir event SubFest. Acara hari terakhir ini diawali dengan Flash Mob dan kelas Yoga yang diikuti oleh semua masyarakat serta penampilan dari celebrity chef yaitu Chef Ken dan Chef Hugo. Tema hari terakhir adalah “Everybody Can be a Hero”. Sebelum ditutup, acara SubFest memberikan penghargaan kepada para General Manager Hotel di Surabaya dengan kategori penghargaan ekonomi kreatif, lingkungan, dampak sosial, serta muda berkarya. Acara ditutup dengan penampilan musik dari guest star The Sigit dan Heavy Monster dengan tema Charity Music Concert.

Dengan biaya masuk sebasar 15 ribu rupiah, pengunjung telah dapat menikmati keindahan Monumen Kapal Selam secara berbeda dari biasanya. Pada acara SubFest 2015, Monkasel terlihat lebih indah dengan banyaknya acara serta antusiasme masyarakat Surabaya yang ikut memeriahkan acara tersebut.