Kemampuan yang Dipelajari dari Ilmu Komunikasi untuk Menjadi Entrepreneur

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang cukup banyak diminati. Ini karena prospek kerjanya yang baik dan bidang pembelajaran yang bisa diterapkan ke berbagai jenis pekerjaan. Termasuk jika  ingin menjadi seorang pengusaha, ilmu komunikasi bisa sangat berguna dalam meningkatkan karier.

Salah satu tanda vital menjadi seorang entrepreneur adalah mampu menjalin komunikasi baik dengan klien, rekan pengusaha, karyawan, atau dengan pemangku kekuasaan internal dan eksternal. Berikut adalah kemampuan yanh dipelajari dari ilmu komunikasi untuk menunjang skill sebagai pengusaha!

Public Speaking

Menjadi pengusaha tidak hanya soal memasarkan produk/jasa saja, tapi bagaimana cara menyampaikan pesan atau tujuan dalam menjual produk atau jasa tersebut kepada calon klien. Ilmu public speaking bisa dipelajari salah satunya lewat ilmu komunikasi.

Public speaking juga bisa memberi keyakinan kepada klien melalui gerak tubuh dan pemilihan-pemilihan kata yang meyakinkan. Public speaking juga menjadikan Anda lebih runtut dalam berbicara, luwes, dan tidak mudah gugup saat berhadapan dengan banyak orang.

Marketing

Siapa sangka jika dalam ilmu komunikasi, Anda juga akan mendapat kemampuan marketing. Ini pastinya berguna saat ingin jadi pengusaha. Meskipun ilmu pemasaran yang didapatkan masih sebatas umum, tidak menutup kemungkinan bisa meningkatkan kemampuan.

Ini disebut komunikasi pemasaran. Entrepreneur seperti Anda bisa berlatih bagaimana caranya menginformasikan produk, membujuk pembeli, sampai mengingatkan klien tentang produk Anda. Komunikasi pemasaran juga akan diajarkan membuat iklan.

Manajemen

Manajemen adalah salah satu kunci penting yang wajib dimiliki oleh setiap calon entrepreneur. Di prodi ilmu komunikasi, Anda akan mendapatkan ilmu manajemen yang bisa diterapkan saat menjadi pengusaha. Ini disebut sebagai manajemen komunikasi.

Dalam komunikasi manajemen Anda akan dibekali kemampuan untuk bisa menggerakkan masa dan menyamakan pengertian pada seluruh anggota dalam perusahaan. Kemampuan ini juga berfungsi mengarahkan anggota untuk menjalankan tugas sesuai SOP dan terkendali.

Riset

Tidak bisa sebarang dalam memasarkan atau menjual produk. Seorang entrepreneur sejati juga wajib bisa riset. Dalam prodi ilmu komunikasi, hal ini disebut dengan riset komunikasi. Nah, yang nantinya Anda perlukan adalah riset konsumen.

Riset konsumen adalah mempelajari perilaku, motivasi, dan preferensi dalam pelanggan dalam membeli sebuah produk atau menggunakan sebuah jasa. Tujuan dari riset konsumen adalah melihat tingkat kepuasan dalam menggunakan produk Anda dan menemukan solusinya.

Menulis

Orang sering meremehkan kemampuan menulis, padahal sebuah tulisan bisa memberi dampak pada yang membacanya. Apalagi di jaman media sosial seperti ini, tulisan bisa menjadi ajang soft promotion yang minim biaya. Sebut saja dengan menggunakan caption di media sosial Instagram.

Didukung dengan kemampuan fotografi yang andal dan caption yang bisa mengajak orang untuk membeli atau menggunakan jasa secara meyakinkan adalah nilai plusnya. Kemampuan menulis ini bisa didapat dari belajar ilmu komunikasi.

Berpikir Kreatif

Kemampuan berpikir out of the box adalah hal yang wajib dimiliki seorang entrepreneur. Berpikir mengenai produk yang tidak hanya laris, tapi juga menarik dan bermanfaat bagi khalayak. Saat mempelajari ilmu ini, Anda akan terus diajak mencari ide kreatif.

Berpikir unik juga bisa diterapkan dalam strategi pemasaran. Anda mungkin menjual produk yang sama dengan lainnya, tapi yang membuat berbeda adalah bagaimana cara beriklan, riset, dan memanfaatkan komunikasi yang baik dengan khalayak.

Ilmu komunikasi tidak sekadar belajar soal komunikasi dengan sesama manusia, tapi juga mendapatkan kemampuan lebih dari setiap bidang pembelajarannya. Asal dimanfaatkan dengan maksimal, ilmu komunikasi akan mengantarkan Anda jadi entrepreneur berhasil.

Menu