Keluarga Harmonis melalui Entrepreneurship

Keluarga Harmonis melalui Entrepreneurship

Fenomena kaum muda yang menganggur telah menjadi masalah bagi semua negara di dunia tidak terkecuali Indonesia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya fenomena pengangguran oleh kaum muda, diantaranya adalah employment creation (kesempatan bekerja), entrepreneurship, employability dan equal opportunity. Sebagai salah satu kampus entrepreneurship di Indonesia, Universitas Ciputra (UC) turut ambil bagian dalam memerangi masalah pengangguran dengan mendidik calon-calon entrepreneur muda Indonesia.

IMG_0008

Untuk itulah pada hari Kamis (16/1), UC mengadakan sebuah workshop yang dengan khusus mengundang para ayah dan anak untuk mengikuti sesi pelatihan selama kurang lebih enam jam lamanya. Workshop yang  bertempat di Ciputra World Mall (CW) Surabaya ini diawali dengan pemberian materi oleh Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA yang membahas mengenai angka pengangguran anak muda, perbedaan pengusaha dan entrepreneur serta pemberian tips cara mempelajari entrepreneurship. Setelah itu, workshop dibagi menjadi dua sesi, dimana ayah dan anak ditempatkan diruangan yang terpisah.

Para ayah diajarkan mengenai family entrepreneurship dimana Bapak Antonius Tanan membagikan pengalamannya dalam mendidik anaknya serta memberikan beberapa gagasan dalam mendidik anak, seperti hal-hal apa yang harus diwariskan, bagaimana cara menjalin relasi yang baik dan betapa quality time dengan anak sangat penting.Sementara ayah mendengarkan seminar dari Antonius Tanan, anak-anak diajarkan keterampilan public speaking untuk menunjang soft skill mereka.

Setelah mengikuti sesinya masing-masing, ayah dan anak kembali dipertemukan dan diberi tugas untuk mencari tiga toko/gerai di CW yang menurut mereka merupakan gerai paling laku, gerai paling kreatif dan gerai yang paling menguntungkan untuk dipresentasikan. Selama dua jam lamanya para peserta berkeliling di CW  dan menyiapkan bahan presentasi mereka. Hingga pada akhirnya anak-anak secara bergantian mempresentasikan hasil observasi dan diskusi dengan ayah mereka. Dari kegiatan presentasi ini dipilih tiga orang pemenang yang dianggap memiliki progress sangat baik.

IMG_0018 IMG_0083 IMG_0090 IMG_0303 IMG_8323