Jurusan Kuliah IPS yang Terbaik Buat Kamu yang Masih Bingung

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPSMemilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah bagi siswa di tingkat SMA. Jurusan kuliah untuk anak IPS juga menjadi salah satu hal yang masih belum jelas untuk banyak siswa. Prospek karir juga adalah suatu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah. Tidak perlu bingung lagi, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah anak IPS yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan:

Jurusan Kuliah Anak IPS

1. International Business Management (Manajemen Bisnis Internasional)

Jurusan pertama bagi anak IPS adalah International Business Management (IBM) atau Manajemen Bisnis Internasional. Program studi (prodi) yang kekinian ini penuh dengan pelajaran-pelajaran yang relevan dengan dunia bisnis saat ini.

Beberapa perbedaan jurusan IBM ini dengan jurusan serupa seperti Manajemen atau Bisnis merupakan pelajaran yang lebih luas dan mendorong untuk menggunakan kemampuan dan pengetahuan bisnis dalam konteks yang global. Jurusan IBM ini juga cenderung mengadopsi sistem dan model perkuliahan dari luar negeri. Lulusan jurusan International Business Management akan mendapatkan gelar S.M. (Sarjana Manajemen).

Prospek karir lulusan IBM ini juga sangat luas dan fleksibel, karena akan memiliki kemampuan dan pengetahuan bisnis yang dapat diterapkan di banyak tempat, termasuk di luar negeri.

Baca juga: Data Science dalam Dunia Bisnis

2. Accounting (Akuntansi)

Jurusan akuntansi berurusan dengan mempelajari prinsip-prinsip keuangan seperti transaksi keuangan, laba, pengendalian anggaran, audit, analisis laporan dan lain-lain. Jadi tidak cuma sekedar belajar cara mencatat laporan keuangan saja seperti yang banyak orang pikir.

Selain dari itu, di jurusan akuntansi juga bisa belajar hal-hal seperti pajak dan juga hukum seputar dunia perakuntansian. Kamu juga nanti diharapkan untuk bisa jadi orang yang teliti kalau mengambil jurusan akuntansi, karena kesalahan kecil di laporan keuangan bisa berakibat besar. Lulusan jurusan Accounting akan mendaptkan gelar S.Ak (Sarjana Akuntansi).

Beberapa prospek pekerjaan lulusan akuntansi termasuk dari menjadi (tentu saja) seorang akuntan, ahli keuangan dan bisa juga sampai konsultan pajak. Profesi-profesi ini banyak dicari oleh perusahaan dan bisnis dimana-mana, jadi tidak perlu khawatir tentang repot cari kerja.

3. Psychology (Psikologi)

Untuk teman-teman yang tertarik belajar lebih dalam mengenai cara berpikir manusia maka ini adalah jurusan yang tepat. Di psikologi, kamu bisa belajar mengenai berbagai hal seperti mental, kepribadian dan juga perilaku manusia. 

Selain itu, beberapa program yang diajarkan di jurusan psikologi juga akan memberi kamu insight bagaimana menerapkan ilmu psikologi di pekerjaan dan industri lain. Ini termasuk menggunakan psikologi di lingkungan keluarga, kerja dan juga pendidikan. Lulusan jurusan Psychology akan mendapatkan gelar S.Psi (Sarjana Psikologi).

Sebagai salah satu program studi (prodi) yang paling terkenal di Indonesia, jurusan psikologi juga menawarkan prospek karir yang luas dan pilihan karier yang sangat beragam!

Baca Juga: Academic Stress and How We Deal With It

4. Culinary Business (Bisnis Kuliner)

Nah, kalau jurusan kuliah yang satu ini mungkin masih banyak teman-teman tidak terlalu familiar ya. Jurusan culinary business ini sebenarnya mengajarkan siswa-siswa bagaimana mengembangkan dan menemukan peluang bisnis dalam bidang kuliner.

Walau masih belum banyak universitas yang menawarkan jurusan kuliah ini, di Universitas Ciputra jurusan ini tersedia buat kamu yang tertarik. Lalu kamu juga tidak perlu khawatir mengenai gelar kalian, karena program Culinary Business ini adalah program S1 loh! Lulusan jurusan Culinary Business akan mendapat gelar S.Par (Sarjana Pariwisata)

Jadi buat teman-teman yang tertarik untuk mengembangkan bisnis kalian dalam bidang kuliner, ini pasti bisa jadi jurusan yang cocok buat kalian!

5. Visual Communication Design (Desain Komunikasi Visual)

Jurusan kuliah yang satu ini pasti cocok buat teman-teman yang mempunyai jiwa seni dan artistik yang kuat. Di jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual, kamu akan diajarkan cara untuk mengekspresikan ide dan gagasan kalian dalam bentuk seni, sambil dibantu dengan teknologi.

Beberapa hal yang akan kamu pelajari di jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual termasuk multimedia design, photography dan juga advertising. Kamu juga akan dilatih dalam program-program digital yang dipakai untuk membuat desain-desain kalian. Lulusan Visual Communication Design ini akan mendapatkan gelar S.Des (Saraja Desain)

Di dunia yang semakin digital ini, pekerjaan sebagai seorang desainer semakin dibutuhkan banyak orang. Terlebih lagi, kamu juga akan mendapat kesempatan untuk membuka bisnis desain kalian sendiri juga sebagai bagian dari prospek karirnya!

Baca Juga: Prodi Day VCDears ‘21 : Serunya berkenalan dengan VCD

 

Berikut adalah beberapa jurusan kuliah anak IPS yang bisa kamu pilih. By the way, jurusan-jurusan kuliah yang sudah ditulis di atas ini semua tersedia di Universitas Ciputra juga loh. Kalau tertarik, bisa langsung saja klik disini!

 

Artikel lain
Menu