Jurusan Food Technology (Teknologi Pangan), Ngapain aja ?

Hai UC People! Tau gak kalian kalau hampir semua produk makanan yang ada di supermarket saat ini merupakan hasil dari jurusan Food technology (Teknologi Pangan) loh! Belakangan ini jurusan ini sedang banyak diminati karena berkembangnya teknologi dan banyak viralnya makanan makanan baru secara international.

Food Technology (Teknologi Pangan) merupakan program atau jurusan yang berfokus pada pengolahan bahan pangan semenjak bahan pangan tersebut dipanen (post-harvest) hingga bahan pangan tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi (added value). Jurusan ini  berfokus penerapan prinsip-prinsip kimia, fisika, dan teknologi pada proses pengolahan bahan pangan. Proses ini meliputi pembuatan, pengemasan, dan teknik distribusi sehingga bahan makanan tersebut bisa sampai di tangan konsumen dalam kondisi yang baik. Jangan lupa juga bahwa Jurusan Food Technology juga mempelajari tentang analitik, bioteknologi, teknik, nutrisi, control kualitas dan manajemen keamanan pangan.

Walaupun terdengar berat, Jurusan Food Technology (Teknologi Pangan) sebenarnya sangat seru sekali untuk dipelajari karena para mahasiswa akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berexperimen di laboratium dan melakukan berbagai macam percobaan, termasuk mengembangkan sebuah produk baru.

Laboratorium Mikrobiologi Food Technology
Laboratorium Mikrobiologi Food Technology

 

Prospek kerja dari Jurusan Food technology (Teknologi Pangan) juga banyak banget loh UC People, berikut beberapa contoh prospek karir dari jurusan ini:

  • Agricultural and Food Science Technicians (Teknisi Ilmu Pertanian dan Pangan)
  • Food Scientist dan Technologist (Ilmuwan dan Teknologi Pangan)
  • Nutritional Therapist (Terapi Nutrisi)
  • Product/process development scientist (Ilmuwan Pengembangan produk/proses)
  • Quality Manager (Manajer Kualitas)
  • Regulatory affairs Officer (Petugas Urusan Regulasi)
  • Scientific Laboratory Technician (Teknisi Laboratorium Ilmiah)
  • Technical Brewer (Teknis Brewer)
  • Prodution Manager (Manajer Produksi)
  • Purchasing Manager (Manajer Pembelian)
  • Research Scientist (life sciences) (Peneliti Ilmu Pengetahuan (Ilmu Kehidupan)
  • Toxicologist (Ahli Toksikologi)
  • Entrepreneur (Pengusaha)

Wah keren banget kan UC People? Banyak banget jenis pekerjaan yang bisa diambil setelah kamu lulus dari jurusan Food Technology. Lantas kenapa harus memilih Food Technology (FTP) di Universitas Ciputra?

Food Technology Program Universitas Ciputra dikembangkan dengan mengintegrasikan teori serta praktik nyata di industri pangan dengan berbasiskan kurikulum internasional yang disesuaikan dengan arahan organisasi Ilmu dan Teknologi Pangan tingkat nasional serta entrepreneurship. Mahasiswa diarahkan untuk mengeksplorasi seluk beluk industri pangan dengan memberikan pembelajaran terkait pengangkatan sumber daya pangan lokal ke market nasional dan internasional. Kurikulum program studi ini disusun dengan mindset karakter integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship (IPE) sebagai nilai utama yang menjadi prestise penting di industri pangan internasional.

Alumni Food Techonology Program Universitas Ciputra diharapkan dapat menjadi lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu teknologi pangan sebagai entrepreneur maupun profesional yang dapat bertahan mengikuti perkembangan industri pangan dunia.

Kenapa memilih Food Technology Program Universitas Ciputra?

Mahasiswa tidak hanya dididik untuk memahami dasar teoritis teknologi pangan melainkan juga mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu melalui produk bisnis yang dirancang dan kegiatan magang. Penerapan student centered learning serta kemudahan akses konsultasi dengan fasilitator lintas program studi memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mendalami bidang keilmuan yang diminati. Dengan fasilitas laboratorium yang memadai dan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan lain serta industri pangan baik nasional maupun internasional, juga didukung dengan integrasi management information system yang menyeluruh di Universitas Ciputra untuk kemudahan akses mahasiswa terhadap fasilitas-fasilitas yang ada, lulusan Food Technology Program Universitas Ciputra dipersiapkan untuk menjadi food innovator, food assesor, food entrepreneur, food academist, dan food researcher profesional.

Berikut merupakan beberapa keunggulan dari Food Technology Program Universitas Ciputra

  1. Teori dan Praktik Terintegrasi

Metode pembelajaran yang digunakan di jurusan Foodtechnology UC mengintegrasikan teori dan praktik, sehingga mahasiswa akan langsung praktikum di laboratorium ketika mereka selesai mendapatkan sebuah teori / materi baru. Dengan ini mahasiswa lebih bisa melihat pengaplikasian teori yang telah dipelajari secara langsung.

  1. Pengangkatan sumber daya pangan lokal ke market international

Indonesia memiliki banyak sekali bahan pangan lokasl yang belum di explorasi atau mungkin sudah diketahui namun belum diolah dengan baik. FTP UC mendorong mahasiswanya untuk mengembangkan potensi lokal ini agar menjadi produk yang bisa bersaing di pasar internasional

  1. Pengajaran dengan mindstet Entreprenurial

Selain mempelajari core keilmuan yang ada, UC juga selalu mengaplikasikan kurikulum entrepreneurship di dalamnya hal ini untuk mempersiapkan mahasiswa agar bisa siap terjun ke industry kerja ketika lulus nanti.

  1. Fasilitas lengkap

Fasilitas berupa ruang kelas dan laboratorium yang disediakan oleh jurusan Food Technology Program sangat lengkap dan modern untuk menunjang kegiatan pembelajaran

  1. Jaringan industry dan kampus luar negeri yang luas

FTP UC juga memiliki banyak sekali jaringan Industri dan Universitas di luar negeri untuk mendukung pembelajaran kuliah, berikut merupakan beberapa jaringan Industry dan Universitas di FTP UC

Jaringan Industry :

  • Ciputra Group
  • Mahaghora
  • Bogasari (Indofood)
  • Wilmar Nabati Indonesia
  • Rimbaria Rekawira Sejahtera
  • Atlantik Biruraya

Jaringan Universitas Luar Negeri

  • Monash University Malaysia
  • University Kuala Lumpur
  • Curtin University
  • Universitas Padjajaran
  • University Sains Malaysia
  • Tunku Abdul Rahman Universitas College (TARC)

Nah itu tadi adalah beberapa keunggulan dari jurusan Food Technology Universitas Ciputra. Gimana UC People ? sudah enggak penasaran lagi kan? Buat kalian yang mau daftar di Jurusan Food Technology Universitas Ciputra langung aja klik disini.

Artikel lain
Menu