Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Manfaat Branding untuk Bisnis

Istilah branding tidak lagi asing bagi sebagian orang. Namun, apakah Anda tahu pengertian dan manfaat branding bagi sebuah bisnis?

Sederhananya, branding adalah usaha untuk menciptakan sebuah brand. Hal ini meliputi penentuan visi, misi, pembuatan logo, jargon, hingga pemilihan warna. Dalam dunia bisnis, branding memiliki manfaat yang sangat penting, bahkan bisa mempengaruhi tingkat penjualan. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari branding yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Branding Dalam Dunia Bisnis

Di era digital, branding bisa dibilang susah-susah gampang. Hadirnya sosial media memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk mem-branding bisnis mereka. Namun, di tengah persaingan bisnis yang kian ketat, dibutuhkan strategi branding yang ampuh.

Tak mengehrankan jika banyak pebisnis yang menggunakan jasa branding agency. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tapi manfaat yang diperoleh tak main-main.

  1. Sebagai Identitas Bisnis

Manfaat branding adalah sebagai identitas bisnis. Sebuah bisnis harus memiliki identitas yang membedakannya dengan kompetitor. Biasanya, identitas ini ditunjukkan melalui tagline dan logo. Sebab itulah, pembuatan logo dari sebuah perusahaan harus mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya adalah makna dari logo itu sendiri.

Selain itu, pemilihan warna juga tidak boleh asal-asalan. Warna logo harus bisa mencerminkan bisnis yang Anda geluti. Meski terkesan sepele, tapi warna logo akan membekas di benak audience, sehingga lebih mudah untuk diingat.

  1. Menyampaikan Nilai Produk

Memperkenalkan logo dan tagline saja tidaklah cukup. Jika bisnis yang Anda geluti ingin dikenal oleh audience, maka sampaikan nilai produknya dengan melakukan branding. Nilai-nilai produk inilah yang akan jadi magnet tersendiri untuk menarik konsumen yang sesuai dengan target market bisnis Anda.

  1. Membangun Kredibilitas

Sebuah bisnis harus memiliki kredibilitas jika ingin dikenal banyak orang. Salah satu strategi branding yang bisa dicoba untuk meningkatkan kredibilitas adalah membuat website. Website bukan hanya sarana komunikasi dengan konsumen, tapi juga menjadi rumah bagi bisnis Anda.

Melalui website, audience bisa mengenal produk atau jasa Anda secara dekat. Mulai dari katalog produk, layanan jasa yang ditawarkan, dan masih banyak lagi. Ketika kredibilitas bisnis meningkat, maka semakin tinggi pula kepercayaan masyarakat terhadap bisnis Anda, sehingga angka penjualan pun turut meningkat.

  1. Sarana Komunikasi dengan Konsumen

Manfaat branding yang selanjutnya adalah sebagai sarana komunikasi dengan konsumen. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komunikasi bisa dilakukan melalui website, Instagram, Facebook, hingga YouTube. Semakin banyak media yang Anda gunakan untuk branding, maka semakin besar pula peluang bisnis Anda dikenal masyarakat.

  1. Membangung Loyalitas Pelanggan

Manfaat branding produk adalah untuk membangun loyalitas pelanggan. Ketika bisnis yang Anda geluti memiliki kredibilitas tinggi dan kualitas yang bagus, maka terciptalah loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa Anda.

Mempertahankan loyalitas konsumen ini tidak kalah penting dari menjaring konsumen baru. Bahkan, jika dibandingkan, konsumen yang loyal dapat meningkatkan penjualan karena mereka tidak segan-segan merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang-orang sekitar.

  1. Daya Tarik Bagi Konsumen

Selain membangun loyalitas konsumen, branding juga menjadi daya tarik bagi konsumen baru. Dengan strategi branding yang tepat, audience akan tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain mampu meningkatkan penjualan, hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan diferensiasi produk.

Nah, itu tadi enam manfaat branding bagi bisnis. Dilihat dari manfaatnya, membangun brand adalah investasi jangka panjang untuk bisnis Anda.

Artikel lain
Menu