iTalk : Culture Values & Decision Making in Astra International

iTalk : Culture Values & Decision Making in Astra International

Surabaya – Selasa, 20 Februari lalu fakultas Psikologi UC bekerja sama dengan Library UC untuk mengadakan Innovation Talk atau yang lebih sering disebut iTalk. Dalam iTalk kali ini Universitas Ciputra mengundang Theresia Maria Ninawati, S.Psi., M.Si., Psikolog yaitu Dept. Recruitment Head Management Astra International, sebagai pembicara. Peserta yang ikut dalam kegiatan iTalk ini di khususkan untuk mahasiswa Psikologi angkatan 2016 yang mengambil mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi dan mahasiswa Psikologi angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Psikologi Ekonomi.

Dalam iTalk ini disampaikan materi yang berhubungan dengan budaya perusahaan dan bagaimana pengambilan keputusan yang dilakukan oleh perusahaan Astra. Perusahaan yang didirikan oleh Alm. William Soeryadjaya dan Alm. Tjia Kian Tji ini sudah berdiri sejak 1957, dimana Astra memulai perjalanannya sebagai perusahaan dagang hingga Astra terus mengembangkan bisnisnya sampai sekarang. Sebuah perusahaan yang terus berkembang dan mampu bertahan pasti memiliki sebuah budaya, perusahaan Astra memiliki sebuah filosofi yaitu Catur Dharma, yaitu :

  • To be an asset to the nation
  • To provide the best service to our customers
  • To respect individuals and promote teamwork
  • To continually strive for excellence

Dari catur dharma tersebut terbentuk sebuah alignment, catur dharma merupakan salah satu budaya yang diterapkan oleh astra untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan oleh perusahaan, dengan adanya catur dharma ini Astra meningkatkan produktifitas karyawannya.

Dibahas juga 5 aspek yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang digunakan oleh Astra seperti :

  1. Pikirkan kepuasan konsumen
  2. Rencanakan, Lakukan dan Check action
  3. Penggunaan Data (Fakta) dan tidak ada asumsi
  4. Kerja tim
  5. Hanya melakukan yang terbaik

Dengan sharing yang diberikan dalam acara ini, mahasiswa psikologi belajar bagaimana pengambilan keputusan dalam perusahaan dan belajar bagaimana menjadi seorang profesional dalam perusahaan.

(Kontributor : Ika Raharja Salim – PSY 2016)