Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem yang dirancang oleh sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa informasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan dan pengambilan keputusan operasional.

Menurut Business Dictionary, sistem informasi manajemen adalah sebuah pendekatan yang terorganisasi dalam mempelajari kebutuhan informasi manajemen guna pengambilan keputusan, strategi, dan taktis.

Cara kerja sistem informasi manajemen adalah dengan mengumpulkan data, mengolah data, dan menyimpan data pada database terpusat. Dimana data kemudian diolah menjadi informasi, kemudian dapat di akses dan di update oleh semua orang yang memiliki wewenang sesuai dengan tujuan mereka.

Sistem Informasi Manajemen dirancang untuk mengubah data dalam bentuk informasi digital, dimana informasi tersebut untuk mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak-pihak terkait dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Pada dasarnya, sistem informasi memiliki beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sistem Informasi Manajemen
  2. Sistem Informasi Akuntansi
  3. Sistem Informasi Keuangan
  4. Sistem Informasi Manufaktur
  5. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
  6. Sistem Informasi Pemasaran
  7. Sistem Informasi Eksekutif

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Penggunaan sistem informasi manajemen memiliki banyak manfaat, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari sistem informasi manajemen adalah guna pengambilan keputusan. Yang hal tersebut berpengaruh terhadap pihak manajemen maupun organisasi keseluruhan. Berikut ini adalah manfaat sistem informasi manajemen sebagai berikut :

1. Meningkatkan Akurasi Data

Data merupakan sumber yang penting sebagai pengambilan keputusan. Data yang akurat sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis karena data ini adalah alat yang akan berhubungan dengan keputusan strategis.

Melalui sistem informasi manajemen, data akan masuk kemudian diolah secara otomatis, sehingga membantu tugas tim manajemen lebih efektif dan efisien. Apalagi dengan data yang sudah sistematis, akan lebih memudahkan pihak manajemen dalam mengolah data secara realtime.

2. Mempermudah Koordinasi

Sistem informasi manajemen juga menyediakan layanan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan, pengarahan, dan pengawasan tim manajemen.

Dari data informasi yang dihasilkan, selanjutnya data digunakan oleh divisi lain yang membutuhkan data tersebut. Pertukaran data antara divisi satu ke divisi lain mampu membentuk hubungan yang sehat di suatu perusahaan.

Tidak hanya itu, sistem informasi manajemen juga membantu dalam pendelegasian tugas kepada pihak lain dengan mudah. Koordinasi dengan adanya sistem dilakukan dengan cepat tanpa harus bertemu langsung.

3. Meningkatkan Kualitas SDM

Ketika data informasi telah terkumpul dan diolah secara akurat, tentu hal ini akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Karena mau tidak mau, sumber daya manusia yang menggunakan sistem ini harus paham teknologi. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis perusahaan di masa yang akan datang.

4. Menekan Biaya Operasional

Ketika sistem informasi manajemen telah berjalan di perusahaan, akan minim terjadinya human error. Karena semua dilakukan secara sistematis. Minimnya kesalahan yang terjadi akan membuat produktivitas kerja karyawan meningkat.

Dengan begitu, menekan biaya operasional dengan bantuan sistem informasi. Karyawan lebih mudah menganalisa kinerja perusahaan dari tahun ke tahun, karena semua data dan perubahan yang terjadi telah tersimpan di dalam sistem.

Dengan bantuan sistem informasi manajemen, bisnis yang dijalankan menjadi lebih mudah menganalisa dari tahun ke tahun, karena semua perubahan telah tersimpan di dalam sistem. Manfaat menggunakan sistem informasi manajemen adalah memudahkan pihak manajemen dalam melakukan perencanaan, pengarahan, dan pengawasan dari jalannya bisnis.

Menu