Kemajuan teknologi di era saat ini memengaruhi perubahan dalam komponen sistem informasi.  Walau begitu, banyak keuntungan yang didapat jika digunakan dengan benar. Sistem informasi memberi kemudahan bari para penggunanya.

Tujuan dari penggunaan komponen ini salah satunya adalah distribusi sebuah data. Secara general disebut juga dengan perangkat untuk menganalisis data. Selain itu, alat tersebut sudah lumrah digunakan di berbagai instansi pemerintah, pendidikan hingga pengguna bisnis.

Tidak heran jika penggunaan komponen sistem informasi tidak asing lagi. Namun, tidak semua orang mengenal konsep penting sebuah komponen sistem informasi. Dibawah ini diulas secara lengkap komponen penting alat tersebut.

Pahami Berbagai Aspek Pendukung

Walaupun sering digunakan, namun tidak banyak yang tahu konsep lengkap dari alat ini. Komponen ini merupakan sekelompok unsur yang saling bergantung. Jika salah satu unsur tidak ada maka sistem tidak bisa berjalan.

Tujuan dari penggunaan sistem ini adalah untuk mengumpulkan data, mengolah serta menyimpan data untuk menghasilkan sebuah data. Berbagai komponen sistem informasi dibawah perlu kamu pahamai peran dan fungsi penggunaanya.

1. Hardware / Perangkat Keras

Maksud dari hardware ini adalah sebuah alat keras berbentuk fisik terlihat jelas oleh kedua mata. Perangkat ini menjadi komponen penting berupa komputer dan berbagai kabel pendukung.

Selain itu, beberapa alat pendukung pengolahan data seperti keyboard, disk external, sampai router. Fungsi dari hardware menjadi alat proses masukan atau keluaran informasi. Penggunaan server paralel bertujuan untuk menambah jangkauan.

Hardware juga dilengkapi penyimpanan data besar untuk menunjang pekerjaan di instansi penting perusahaan bahkan pemerintahan. Didukung oleh jaringan telekomunikasi luas.

2. Software / Perangkat Lunak

Perangkat lunak berperan penting dalam pengolahan sebuah data. Dimana informasi asing bisa diterjemahkan dengan bahasa komputer atau teknologi. Terdiri menjadi 2 bagian yaitu software aplikasi dan software sistem.

Sistem berbasih aplikasi biasa digunakan untuk pengerjaan tugas, membuat dokumen atau desain lain aplikasi yang biasa digunakan seperti spreedsheet. Sedangkan perangkat sistem seperti windows, Linux, atau IOS.

3. Jaringan Telekomunikasi

Sebuah jaringan dapat membuat beberapa orang terkoneksi walau dengan jarak jauh. Cara untuk membuat jaringan telekomunikasi ini dengan penghubung nirkabel dan kabel.

Perbedaan dari kedua jaringan berkaitan dengan penghubung kabel dengan serat optik sedangkan nirkabel dengan wifi. Penggunaan jaringan dengan jangkauan lebih kecil biasa digunakan di area kantor atau sekolah menggunakan LAN (local area network)

Sedangkan penggunaan jaringan jangkauan luas biasanya menggunakan WAN (wide area network). Semua jaringan bisa digunakan dengan syarat terhubung dengan perangkat keras dan lunak.

4. Basis Data

Database merupakan pusat semua informasi terkumpul dan siap diolah. Basis data digunakan sebagai hasil dari pengerjaan sebuah sistem informasi. Diperlukan ruang yang cukup untuk pengerjaan data tertentu.

5. Sumber Daya Manusia

Jika semua komponen alat sudah tersedia, manusia menjadi penggerak semua komponen sistem informasi. Dengan proses berpikir manusia sebuah sistem akan terus berkembang.

Manfaatkan Dengan Bijak

Kemudahan akses data dan informasi didukung oleh komponen sistem informasi yang baik. Dengan semua komponen yang ada bisa memudahkan pekerjaan manusia dimasa mendatang.

Selain itu, seluruh komponen saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan. Dimulai dari hardware, software, jaringan, database hingga manusa sebagai penggerak. Dengan otak manusia, semua teknologi yang ada bisa bermanfaat dan terus berkembang.

Maka dari itu, gunakanlah komponen sistem informasi dengan bijak agar memberi dampak baik bagi keberlangsung dunia ini.

Menu