Prospek jurusan Sistem Informasi itu beragam, oleh karena itu setiap tahunnya jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Sistem Informasi merupakan salah satu ilmu tentang komputer dan bisnis. Nantinya Anda akan mempelajari cara mengidentifikasi kebutuhan perusahaan dengan data-data.

Bidang keilmuan ini memang menggabungkan dua rumpun ilmu, oleh karena itu nanti Anda tidak hanya belajar bisnis saja melainkan juga pemrograman komputer dan mengolah data dalam jumlah besar. Lalu bagaimana jenjang kariernya? Apakah terjamin?

Prospek Kerja Sistem Informasi

Seorang lulusan Sistem Informasi akan dibekali dengan kemampuan merekayasa komputer serta memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan bisnis di perusahaan. Ada banyak jenjang karier yang bisa Anda pilih yaitu sebagai berikut:

1. Sistem Analyst

Prospek kerja pertama adalah menjadi Sistem Analyst yang termasuk dalam divisi engineering. Posisi ini memiliki tugas untuk mengimplementasikan, merancang, dan menganalisis suatu sistem. Anda dituntut agar bisa memberikan hasil sesuai dengan keinginan perusahaan.

Secara keseluruhan seorang Sistem Analyst akan melakukan 4 tahapan dalam penyelesaian tugasnya yaitu investigasi masalah, menganalisis masalah, desain, dan implementasi. Tentu saja dibutuhkan banyak keahlian yang harus Anda miliki agar perusahaan bisa berkembang.

2. Computer System Administrator

Prospek jurusan Sistem Informasi yang berikutnya adalah sebagai Computer System Administrator. Tugasnya adalah mengelola, mengoperasikan, dan memelihara sistem server. Seorang Computer System Administrator juga bertugas untuk memperbaiki sistem server yang error.

Tugasnya memang banyak dan rumit oleh karena itu seorang dengan profesi ini harus memiliki kemampuan mumpuni di bidang komputer. Contoh keahlian yang harus dimililiki adalah programming, mampu mengoperasikan perangkat OS serta familiar dengan perangkat keras komputer.

3. IT Manager

Manager di bidang IT adalah salah satu jenis pekerjaan dengan masa depan cerah. Hal ini dikarenakan Anda berpeluang untuk mendapatkan gaji yang besar. Tentunya tugas seorang IT Manager itu tidak mudah.

Sebagai salah satu prospek jurusan Sistem Informasi yang menjanjikan, seorang manager IT diperlukan berapa keahlian seperti paham programming language, mampu menganalisis angka dengan baik dan menguasai project management.

4. Web Developer

Akhir-akhir ini pekerjaan sebagai web developer tampak banyak peminat karena iming-iming pendapatan yang tinggi. Web developer merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk menyiapkan dan membuat kode sebuah situs.

Beberapa perusahaan menugaskan seorang web developer dan manajer produk untuk saling bekerja sama. Contoh keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang web developer adalah memahami bahasa pemrograman CSS, Java Script, dan HTML.

Selain itu Anda juga harus memiliki kemampuan dalam melakukan git and github. Git and Github adalah sebuah sistem untuk melacak semua perubahan pada kode situs yang telah dibuat. Jika Anda memang tertarik tidak ada salahnya melamar pekerjaan ini.

5. Data Scientist

Prospek jurusan Sistem Informasi yang terakhir adalah sebagai data scientist. Secara umum profesi ini memiliki tugas untuk pengolahan data. Seorang data scientist harus dibekali dengan kemampuan statistika, pemrograman, manajemen, dan bisnis.

Pendapatan seorang data scientist sangat beragam mulai dari 5 juta hingga 7 juta perbulan, semakin lama pengalaman Anda sebagai data scientist maka gajinya semakin besar. Contoh keahlian yang perlu dimiliki adalah mampu menganalisis sebuah data dalam jumlah besar milik perusahaan.

Saat perkuliahan Anda akan menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester dan mempelajari banyak hal terkait komputer serta bisnis. Setelah lulus, Anda bisa memilih salah satu dari prospek jurusan Sistem Informasi yang telah disebutkan di atas.

Menu