Sebelum membahas ke contoh sistem informasi, ketahui dulu apa itu sistem informasi. Sistem merupakan sebuah kumpulan orang-orang yang bekerja untuk mencapai suatu tujuan. Adapun dengan informasi berarti data-data yang sudah diproses agar bisa digunakan untuk keperluan perusahaan.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sistem informasi merupakan sebuah kumpulan informasi atau data yang memiliki hubungan operasional sebuah kelompok. Lalu apa saja contohnya dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh-Contoh Sistem Informasi

Mungkin selama ini Anda masih belum sadar bahwa penerapan sistem informasi itu digunakan di berbagai bidang seperti pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Di bawah ini ada beberapa contoh penggunaan information systems.

1. E-Learning

Sistem pendidikan saat masa pandemi berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan e-learning. E-learning terdiri dari dua kata yaitu elektronik dan learning sehingga dapat diartikan sebagai pembelajaran secara elektronik atau online.

Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa proses pembelajaran e-learning dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Jadi nantinya ada seorang guru yang memberikan materi kepada muridnya secara daring selain itu metode ini juga bisa digunakan walaupun Anda berada di luar negeri.

Salah satu keuntungan dari e-learning ini adalah efisiensi biaya karena proses pembelajaran yang bisa dilakukan di dalam rumah. Anda hanya memerlukan gadget saja sehingga bisa menghemat pengeluaran seperti biaya transportasi.

2. Internet Banking atau E-Banking

Selain e-learning ada juga contoh sistem informasi lainnya yang digunakan sehari-hari yaitu internet banking. Secara sederhana internet banking bisa disebut dengan perbankan elektronik dan bentuknya ada bermacam-macam.

Contohnya adalah ATM atau automated teller machine yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi. Jika dulu nasabah perlu datang ke kantor cabang saat akan melakukan transaksi, sekarang bisa menggunakan ATM karena prosesnya lebih cepat.

3. E-commerce

Untuk istilah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bukan? E-commerce merupakan suatu proses transaksi jual beli dan dilakukan secara online. Memang saat ini tren perdagangan bergeser dari sistem konvensional menjadi digital.

Ada banyak contoh sistem informasi untuk jenis e-commerce ini seperti Business to Consumers atau B2C. Sesuai dengan namanya, metode yang digunakan adalah produsen langsung menawarkan produknya kepada konsumen.

Ada lagi jenis lainnya yaitu Business to Business atau B2B dan merupakan jenis e-commerce terbesar karena metode transaksinya langsung antar perusahaan. Contohnya sebuah perusahaan obat-obatan melakukan transaksi dengan rumah sakit untuk membeli produknya.

4. Booking Online

Aktivias booking online juga termasuk dalam bidang sistem informasi. Proses pemesanan tiket pesawat atau kereta, tiket nonton, dan penginapan kini bisa dilakukan secara online. Dulu jika ingin memesan tiket kereta api harus datang langsung ke stasiun.

Walaupun tetap bisa memesan tiket secara langsung, akan tetapi kini banyak orang mulai beralih cara online lewat aplikasi atau website resmi. Pemesanan secara online juga akan membantu Anda agar tidak kehabisan tiket.

5. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence merupakan salah satu contoh sistem informasi yang biasanya diterapkan pada ponsel. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sebuah simulasi dari kecerdasan manusia yang dibuat dalam bentuk program.

Salah satu contoh kecerdasan buatan adalah teknologi DeepFace milik Facebook. Teknologi ini berfungsi untuk mengenali wajah seseorang di sebuah foto. Adanya teknologi ini akan membantu pengguna Facebook ketika hendak menandai orang pada postingan tersebut. .

Ternyata penerapan ilmu sistem informas ada di sekeliling kita seperti e-commerce. Ilmu in sangat penting dalam perkembangan teknologi sehingga bisa menghasilkan banyak contoh sistem informasi lainnya.

Menu