Parents Gathering merupakan salah satu acara yang rutin diadakan setiap tahun dalam rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru Universitas Ciputra atau yang lebih dikenal sebagai O-Week. Namun, ada yang berbeda dari Parents Gathering tahun ini. Karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, penyelenggaraan Parents Gathering 2020 diadakan secara daring (dalam jaringan) menggunakan media Zoom Meetings. Meskipun diadakan secara daring, acara Parents Gathering Information System for Business 2020 terlaksana dengan baik.

Parents Gathering ISB 2020 via ZOOM

Kegiatan Parents Gathering ISB 2020 di adakan pada Sabtu, 22 Agustus 2020, pukul 13.00 WIB. Acara dimulai dengan pemutaran video sambutan dari Bapak Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc. dan Bapak Dr. Ir. Denny Bernardus, M.M., yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Trianggoro Wiradinata, S.T., M.Eng.Sc. sebagai Dekan Fakultas Teknologi Informasi. Pak Tri menjelaskan metode pembelajaran ’flipped classroom’. Jika perkuliahan pada umumnya diselenggarakan dengan alur: dosen mengajarkan materi, mahasiswa mengerjakan tugas, lalu mahasiswa berdiskusi mengenai hasil tugas, metode belajar ’flipped classroom’ menyelenggarakan pembelajaran dengan alur: materi pembelajaran dibagikan di awal sehingga mahasiswa dapat mempelajari materi pembelajaran untuk hari itu terlebih dahulu, pada pertemuan tatap muka mahasiswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran (mengerjakan tugas, atau sekedar berdiskusi membahas materi), dan setelah pertemuan tatap muka selesai, mahasiswa dapat mengevaluasi pemahaman mereka terhadap materi sekaligus memperdalam materi secara mandiri.

Susunan acara Parents Gathering dilanjutkan dengan penjelasan roadmap
pembelajaran selama 4 tahun oleh Kepala Program Studi ISB, Bapak Adi Suryaputra Paramita, S.Kom., M.Kom.. Pak Adi menjelaskan bahwa kurikulum Program Studi ISB memang dirancang untuk mengarah ke data karena sejak adanya pandemi, semakin banyak bidang pekerjaan yang mengarah ke teknologi dan data. Selain kegiatan pembelajaran di kelas, Program Studi ISB yang bekerja sama dengan Student Union ISB juga mengakomodasi pembelajaran di luar kelas, seperti mengadakan webinar bertajuk “The New Digital Business Lifestyle” dan “Becoming a Data Scientist” yang mengundang tamu dari berbagai industri (MOKA dan BCA), bahkan luar negeri. Sesi pengenalan jurusan dilanjutkan dengan sesi breakout room di mana setiap orang tua mahasiswa dapat mengenal secara langsung dosen pembimbing akademik dan kakak mentor yang akan membimbing mahasiswa baru ISB selama masa perkuliahan.

Untuk mempermudah orang tua dalam memonitor kegiatan perkuliahan mahasiswa, aplikasi mobile “UC Student” juga dapat diakses oleh orang tua mahasiswa. Di aplikasi ini, orang tua dapat memantau progress belajar mahasiswa. Selain itu, aplikasi ini juga memberi informasi terkait kewajiban pembayaran studi, sehingga orang tua dapat memeriksa kapanpun dan dimanapun tanpa perlu mengandalkan notifikasi dari email.

Oleh: Priscilla Vanny Amelia (pvannyamelia@student.ciputra.ac.id)

You must be logged in to post a comment.
Menu