Permainan MonsoonSIM yang diajarkan pada mata kuliah ERP di program studi Sistem Informasi Universitas Ciputra merupakan salah satu tools yang menjadi daya tarik bagi siswa-siswi SMP maupun SMA untuk mempelajari proses bisnis digital dan strategi pengelolaan sumber daya dalam perusahaan. Aplikasi ini mengajarkan kepada siswa-siswi  tentang ERP dan simulasi proses dalam bisnis. Permainan ini diajarkan pada kegiatan Summer Course yang diadakan pada Juli – Agustus 2020 untuk siswa-siswi Sekolah Ciputra. Sesi ini dibawakan oleh Rinabi Tanamal, B.Bus., M.Com., Dosen Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ciputra Surabaya.

Penjelasan MonsoonSIM kepada peserta

Pada Summer Course ini, terdapat satu program yaitu Intro to Retail Information Systems. Program ini mengajarkan konsep retail dan basic finance menggunakan permainan MonsoonSIM. Pada permainan ini, peserta akan membuka toko pada beberapa kota kemudian menjual buah-buahan dalam kurung waktu yang ditentukan.

Foto bersama pengajar dan peserta Summer Course

Di akhir program ini, diadakan mini challenge dimana peserta akan berkelompok dan bersaing membuka toko dan menjual buah-buahan dimana di akhir chalange ini akan dilihat hasil penjualannya. Tim yang memiliki pendapat paling tinggi akan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

You must be logged in to post a comment.
Menu