‘Merdeka Belajar’ merupakan sebuah gagasan terbaru oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam merealisasikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar fleksibel dan tidak terkekang. Dalam hal ini, Nadiem menawarkan perubahan dalam sistem pembelajaran yang awalnya hanya dalam kelas menjadi lebih luas, bahwa ilmu dapat diperoleh melalui media apa saja. Hal ini juga menuntut mahasiswa untuk lebih aktif mencari ilmu dan menemukan hal-hal baru sesuai dengan perkembangan zaman.

Mengusung rencana tersebut, program studi Information System for Business melayangkan sebuah webinar bertajuk “Becoming A Data Scientist” yang diadakan pada Jumat, 17 Juli 2020. Webinar ini mengundang 2 pembicara ahli, Elvyna Tunggawan (Master of Data Science Student di Univesity of Auckland) dan Liliana Ester (Master of Data Science Student di Monash University), serta tamu spesial Maria Tjahjadi (Vice President of Data Analytics di tiket.com).

Informasi Acara

Data Scientist sendiri adalah sebuah profesi di dunia digital yang sedang naik daun di era industri digital 4.0. Berdasarkan riset McKinsey & Company (DQLab.id, 2019) pada tahun 2018 diperkirakan ada permintaan profesi data scientist dari 140-190 ribu perusahaan yang harus dipenuhi. Meskipun begitu, profesi ini masih asing di telinga orang-orang dan belum banyak diketahui seluk beluknya.

Webinar “Becoming A Data Scientist” via ZOOM

Melalui webinar ini, peserta diberikan wawasan baru mengenai dunia kerja dan kebutuhannya yang selalu berevolusi, dimana sebuah profesi baru seperti data scientist dapat muncul untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Pembicara juga menjelaskan skill-skill tambahan dan beberapa tips yang penting saat terjun ke dunia kerja nantinya. Selain itu, peserta dapat bertukar pikiran bersama para ahli dalam sesi tanya jawab dan mengasah diri untuk berpikir kritis. Karena seperti kata Nadiem, ilmu dapat diterima dari mana saja.

Oleh: Eillen Marchellita Hartono (emarchellita@student.ciputra.ac.id)

You must be logged in to post a comment.
Menu