seminar 5 juni

COVID-19 memberikan banyak dampak terhadap tatanan kehidupan manusia. Gerak menjadi terbatas, jalanan ditutup, dan orang-orang diwajibkan untuk #dirumahaja. Hal ini tentunya sangat berdampak pada subjek perekonomian Indonesia, salah satunya terhadap bisnis-bisnis kecil seperti UMKM. Bisnis semacam ini sangat bergantung pada pelanggan yang berkunjung ke toko dan membeli secara langsung. Namun, tentunya hal itu tidak dapat dilakukan secara maksimal dimasa pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan metode konvensional ke arah digital.

Pada webinar The New Digital Business Lifestyle’ yang diadakan pada Jumat, 5 Juni 2020, Student Union program studi Information System for Business, Universitas Ciputra, menghadirkan 3 pembicara yang membahas mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan usaha. Pembicara tersebut antara lain: Bu Anneke Quamilla (Community Lead di MOKA), Pak Ferdinan Wirawan (Vice President of Information Technology di BCA), dan Pak Petrus Ariwibowo (IT Analyst di BCA).

Banyak bisnis yang melemah di masa pandemi ini, seperti bidang pariwisata, perhotelan, dan transportasi. Sebaliknya, bidang farmasi dan kesehatan mengalami kenaikan yang signifikan, dimana produk-produk seperti masker dan hand sanitizer sedang ramai-ramainya diburu. Selain bidang kesehatan, bisnis F&B juga mengalami peningkatan pada toko yang menggunakan sarana teknologi. Bu Anneke mengatakan, bahwa menurut survei, 80% kenaikan omzet pada UMKM dikarenakan adanya teknologi, dimana toko-toko dapat dijangkau dengan lebih mudah. Namun, dalam menggunakan teknologi juga tetap memerlukan inovasi yang menarik, seperti menyediakan layanan pesan antar, memberikan promo, dan memanfaatkan membership.

“Karena pada dasarnya, ada 4 kunci utama untuk mempertahankan bisnis ini, yaitu dengan cara memudahkan segala proses, menggunakan teknologi, memanfaatkan sumber daya manusia, dan membangun kerja sama,” kata Pak Ferdinan.

Oleh: Eillen Marchellita Hartono (emarchellita@student.ciputra.ac.id)

You must be logged in to post a comment.
Menu