Kunjungan ke PT. Bogasari Flour Mill, apa sih asyiknya?

Pada kunjungan kali ini kita sangat beruntung mendapat kesempatan berharga yaitu berkunjung di salah satu Flour Mill terbesar di Indonesia. Pada tanggal 25 Oktober 2018 Program Studi Sistem Informasi Universitas Ciputra Surabaya  mendapat pembelajaran proses bisnis dari penerapan sistem hingga penggunaan mesin-mesin yang ada di dalam pabrik Bogasari. Mengapa perlu belajar di Bogasari? Dari kunjungan tersebut, kita belajar bahwa Bogasari merupakan perusahaan senior di bidangnya. Senior di mana perusahaan paham betul dengan bidangnya, dan mengerti solusi apa yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah yang ada. Contoh Pemecahan Masalah dari PT Bogasari adalah diproduksinya produk dengan kemasan bening berkapasitas 1 kg untuk segmen pasar menengah ke bawah. Hal ini merupakan solusi yang diambil untuk mengatasi permasalahan tepung campuran akibat kecurangan dari penjual tepung curah.

Foto bersama Prodi Sistem Informasi Universitas Ciputra saat kunjungan ke PT. Bogasari Flour Mill

Setiap pabrik PT Bogasari memiliki pelabuhan sendiri-sendiri karena kapal mereka digunakan untuk mengimpor gandum dari luar negeri, contoh seperti negara Australia, China, dan Amerika. Gandum-gandum tersebut diambil dari kapal menggunakan mesin suction dan blower, kemudian menggunakan alat bermagnet untuk memisahkan benda yang tidak diinginkan seperti logam-logam agar tidak tercampur di tepung. Selanjutnya adalah proses penggilingan hingga tercapai konsistensi tepung yang sesuai dan diolah sesuai jenis tepung masing-masing.

Produk yang diproduksi juga menjawab kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Tepung yang diproduksi memiliki tingkat kandungan protein yang bervariasi sesuai kebutuhan konsumen. Terdapat 5 jenis tepung yang diproduksi Bogasari. Semakin tinggi kandungan protein pada tepung, produk olahan yang dihasilkan akan lebih mengembang. Tepung dengan kandungan protein tertinggi cocok untuk digunakan dalam membuat roti. Sedangkan tepung dengan kandungan protein terendah cocok untuk mengolah berbagai gorengan karena tingkat kerenyahannya. Jenis tepung yang diproduksi Bogasari dari kandungan protein paling tinggi adalah : Cakra Kembar Emas, Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, Lencana Merah.

Pengalaman asyik lainnya yaitu sambil belajar, kita juga berkesempatan foto-foto di dermaga belakang PT Bogasari. Setelah berkeliling dan berfoto PT Bogasari kita juga berkesempatan membeli produk tepung dengan harga promo.

Foto bersama di Dermaga PT. Bogasari Flour Mill

Demikian liputan kami selama Company visit di PT Bogasari Flour Mill Surabaya. Semoga pengalaman ini membawa manfaat bagi kita semua, kami bertiga Dewi Salma, Felicia Gunadi, dan Jessica Wienadi berterima kasih banyak pada pihak PT Bogasari, Bapak Ivo, Bapak Ariawan dan Bapak Agra yang sudah memberikan waktunya bagi kami semua.

rinabi tanamal Dosen Pengampu: Rinabi Tanamal

Mata Kuliah:

  • Konsep Sistem Informasi
  • Enterprise Resource Planning
  • Supply Chain Management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *