Smarter Millenial Generations, Why Not?

gambar-era-generasi-milenial

 

Dilihat dari judulnya, mungkin pembaca bertanya-tanya, termasuk generasi milenialkah saya? Generasi milenial yang saat ini sedang booming di bicarakan dimana-mana adalah julukan bagi semua yang lahir setelah Generasi ‘Baby Boomers’. Lebih mudah lagi mungkin penulis akan menampilkan Gambar 1. Era Generasi.

Nah setelah pembaca mengetahui generasinya dilihat dari tahun kelahiran masing-masing, kita masuk pada topik “smarter”nya. Kita sendiri menyadari bahwa kita tidak bisa terhindar dari pesatnya kemajuan teknologi. Semenjak munculnya era Smartphone secara tidak sadar kita masuk dalam kondisi dimana bila tanpa smartphone serasa hidup kita ada yang tidak lengkap. Dengan munculnya teknologi ini maka semakin banyak pilihan bagi penggunanya untuk mengoptimalkan semua fungsi dari tersedianya teknologi ini.

Trend Teknologi dan Trend Generasi Milenial ini membuat Penulis melakukan experimentasi dari pembelanjaan E-Commerce yang juga sedang Booming di Indonesia. Banyak Promosi yang di lakukan oleh Lapak E-Commerce belomba-lomba memberikan diskon dan potongan harga di websitenya. Apalagi di akhir tahun banyak promosi seperti promo 10.10, 11.11, dan yang akan datang yaitu 12.12 setidaknya membuat para “Deal Seeker” mempersiapkan diri dengan “technology tools” yang di miliki.

Sebagai contoh sederhana dalam artikel ini penulis akan memberikan contoh hasil pencarian harga hotel di Singapore pada tanggal 22 Desember – 26 Desember 2018 untuk 2 orang menggunakan gadget Smartphone dan Laptop dengan browser yang tersedia, Firefox, Chrome. Jadi ada 3 pembanding yang akan di search menggunakan situs www.traveloka.com. Biasanya pengguna akan membandingkan satu situs dengan situs lainnya, namun jarang yang membandingkan browser satu dengan lainnya.

Berikut adalah gambar hasil tampilan sesuai ‘Search’ yang diinginkan oleh Penulis.

Gambar 2. Hasil perbandingan harga hotel via Firefox, Gadget Android dan Chrome

Bila di perhatikan pada saat di “search” hampir bersamaan pada hotel Mandarin Orchard Singapore menawarkan harga yang berbeda untuk ketiga jenis tools ini. Dari penggunaan Firefox harganya adalah Rp. 3.913.511, di Gadget yang dipakai pengguna yaitu OS android harganya adalah Rp.3.756.970 dan yang terakhir untuk penggunaan menggunakan Chrome dengan harga Rp. 3.467.621. Disini dapat kita simpulkan bahwa apabila kita membeli tiket hotel menggunakan aplikasi browser Chrome kita bisa menghemat lebih banyak.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa banyak web E-commerce lainnya yang bisa di telusuri untuk mendapatkan harga terbaik. Contohnya yang dilakukan di Mata Kuliah Konsep Sistem Informasi di Program Studi ISB #uc_sisteminformasi, ada 4 tim yang melakukan uji coba ini. Uji coba pertama dilakukan oleh tim #johanlimantono yang menemukan perbedaan harga saat membandingkan situs www.expedia.co.id. Perbandingan menggunakan Gadget berbasis IOS, dan Chrome Incognito dan yang dicari adalah Hotel Mandarin Orchard Singapore, per tanggal 2 Desember – 5 Desember 2018.

Perbandingan situs www.expedia.co.id

Pada gambar di atas, Tim #Ammar30.12 dan Johan menemukan bahwa harga Hotel Mandarin Orchard lebih murah menggunakan gadget berbasis IOS di bandingkan menggunakan Chrome Incognito.

Pada uji coba kedua yang dilakukan oleh tim #alvinhariyono yang melakukan pencarian item ‘honda jazz spoon exhaust’ dengan menggunakan 4 tools browser di situs www.amazon.com, yaitu: Microsoft edge, gadget IOS, Incognito/Private Browser dan Safari IOS.

Dari hasil pencarian ini ditemukan perbedaan di mana Browser Safari IOS tidak menemukan barang yang dicari sedangkan dengan ‘tools search’ yang lain ditemukan barang yang dicari.

Uji Coba amazon.com menggunakan Microsoft Edge, gadget iOS, Safari iOS, dan Private Browser

Uji coba ketiga dilakukan oleh tim #sp_adimas, dimana perbandingan harga menggunakan situs www.tiket.com dengan tools sebagai berikut: firefox, chrome, Gadget IOS dan gadget Android. Pencarian Hotel Aryaduta Bali dari tanggal 22 desember – 23 desember 2018 untuk dua orang. Melihat hasil pencarian, Firefox dan Chrome menampilkan hasil yang sama yaitu Rp.1.785.000 namun dalam pencarian menggunakan Gadget IOS bisa mendapatkan harga lebih murah yaitu Rp.1.453.500 dan termurah yaitu menggunakan Gadget Android dimana harganya hanya Rp. 963.900. Jadi apabila kita sedikit meluangkan waktu untuk mencari maka kita bisa berhemat dengan menggunakan gadget Android.

Uji coba tiket.com menggunakan Mozilla, Chrome


Uji coba tiket.com menggunakan gadget iOS, dan gadget Android

Uji coba terakhir adalah dari tim #priscilla.vanny yang menemukan perbedaan harga saat mencari dengan situs www.booking.com dimana pencarian ditujukan pada Hotel Park Royal Di Singapore, perbandingan menunjukkan harga yang sama pada Browser Safari maupun Chrome namun berbeda bila menggunakan Aplikasi di Gadget Android. Menghemat perbedaan harga yaitu sebesar Rp. 617.218 bila memilih dengan Tools yang tepat.

Uji coba booking.com menggunakan Safari, Chrome, dan Mobile Apps

Kesimpulan dari artikel ini adalah sebagai generasi milenial yang saat ini di beri banyak pilihan untuk menggunakan ‘tools’ teknologi hendaknya lebih pandai dalam mencari peluang. Dalam hal ini salah satu peluangnya adalah mencari harga termurah. Poin yang perlu dicermati adalah saat memanfaatkan ‘tools’ ini artinya kita perlu menginstall browser ataupun membeli gadget dengan beda Operating System agar bisa memastikan mana harga yang termurah. Banyak alternatif solusi yang bisa di kembangkan setelah membaca artikel ini yaitu dengan membandingkan dengan sesama rekan satu grup/angkatan/komunitas bila ingin membandingkan pencarian harga termurah, atau membandingkan dengan ‘tools-tools’ canggih lainnya.

 

rinabi tanamal Penulis: Rinabi Tanamal
Penulis adalah Dosen tetap Program Studi Sistem Informasi Universitas Ciputra Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *