International Trade (Intrade) Malaysia 2015

International Trade (Intrade) Malaysia 2015

Bukan merupakan suatu hal yang baru bagi mahasiswa di Universitas Ciputra untuk mengikuti event-event berskala internasional. Setelah sukses mengikuti event bertajuk World Food Fair 2015 di Singapura pada September 2015, saat ini prestasi juga diraih mahasiswa Universitas Ciputra dalam event internasioanl bertajuk International Trade (Intrade) 2015 yang diselenggarakan di Malaysia pada bulan November 2015. Telah disadari oleh seluruh mahasiswa Universitas Ciputra bahawa mengikuti event besar berskala internasional merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan pengalaman di dunia perdagangan secara global dan bertemu dengan potential buyer serta calon rekanan bisnis yang baru.

Pada Intrade Malaysia 2015 ini, tim mahasiswa dari Universitas Ciputra yang mengikuti event adalah tim dari Kopi Kampung Arab dengan bisnisnya berupa kopi, Gotcha dengan produknya berupa kripik dari bekicot atau siput, Flux Footwear dengan produknya berupa sepatu dari bahan kulit, serta yang terakhir adalah Pochette dengan produknya yang berupa tas dari bahan kulit.

IMG_4698Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah teknik menjual. Hal ini yang selalu diterapkan keempat tim mahasiswa Universitas Ciputra dalam mengikuti event Intrade Malaysia 2015 terutama pada saat menawarkan produk-produknya kepada calon pembeli. Tantangan utama yang dialami oleh tim mahasiswa dari Universitas Ciputra adalah menjual produk di negera orang lain yang tidak mudah. Selain produk yang belum dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Malaysia, tim mahasiswa juga harus dengan sabar menjelaskan keuntungan dan manfaat dari masing-masing produk yang ditawarkan. Namun jika telah mengetahui teknik menjual serta cara yang paling tepat dalam menjual produk, maka bukan tidak mungkin kesempatan produk maupun bisnis tersebut untuk dapat diekspor ke luar negeri akan terbuka lebar.

Walaupun memiliki produk yang berbeda-beda serta target penjualan yang berbeda pula, para mahasiswa dari Universitas Ciputra bekerja saling membantu untuk menjual produk-produk yang dibawa, bukan hanya produk milik mereka sendiri. Rasa solidaritas dan persaudaraan diantara para mahasiswa Universitas Ciputra telah membuat mereka melupakan persaingan dan memutuskan untuk memperoleh kesuksesan secara bersama-sama. Seperti yang dilakukan oleh tim Gotcha dan tim Kopi Kampung Arab dalam hal saling membantu memarketingkan produk-produknya.

Setelah selesai melakukan kegiatan, tim mahasiswa Universitas Ciputra selalu melakukan briefing untuk evaluasi dengan dibantu oleh seorang mentor dari Universitas Ciputra yaitu Bapak Gamaliel Waney. Selain melakukan evaluasi, Pak Gama juga membantu bagaimana menentukan strategi yang harus digunakan untuk keesokan harinya. Salah satunya adalah mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika berjualan produk fashion berupa sepatu adalah harus menawarkan dan mengutamakan kenyamanan untuk para pelanggan Hal ini yang telah dilakukan oleh Flux Footwear dalam menawarkan produknya kepada calon pembeli.

Hal yang menjadi pengalaman bagi Flux Footwear ketika mengikuti event seperti ini adalah mempelajari cara menjual produk dengan tepat. Hal yang pertama adalah menanyakan kepada pembeli produk apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu kemudian menanyakan tentang ukuran sepatu yang sesuai dengan pelanggan. Hal yang harus dilakukan kemudian adalah membiarkan pelanggan mencoba dengan nyaman, dan jangan lupa untuk tersenyum serta menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan apabila diperlukan. Pada akhirnya jika pelanggan tidak jadi membeli, pelanggan tersebut akan mengingat keramahan pelayanan yang ditawarkan, atau bisa juga akan kembali datang kepada produk bisnis tersebut untuk kemudian membelinya.

Dengan mengikuti event berskala internasional bertajuk Intrade 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia, para mahasiswa Universitas Ciputra dari semua tim yang ikut serta  dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dari para exhibitor lainnya. Selain itu mereka juga dapat menjalin partnership untuk keperluan pengembangan bisnis. Rasa terimakasih selalu diucapkan atas dukungan dari teman, keluarga, partner bisnis, pelanggan, serta Universitas Ciputra sendiri atas kesempatan dan peluang yang telah diberikan kepada seluruh mahasiswanya untuk dapat berkembang dan melakukan ekspansi bisnis dengan skala internasional dalam event bisnis International Trade (Intrade) Malaysia 2015.