Ini Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan yang Penting untuk Diketahui

Evaluasi merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh seorang pebisnis dalam mengembangkan usahanya. Kegiatan evaluasi ini yaitu salah satunya berupa pembuatan laporan keuangan perusahaan. Laporan tersebut sekaligus menjadi pedoman terkait kinerja pada perusahaan.

Dengan laporan inilah bisa diketahui bagaimana laba dan rugi, kemajuan atau kemunduran keuangan di dalam perusahaan. Berikut ini adalah apa yang perlu anda ketahui mengenai laporan keuangan dalam perusahaan, termasuk jenis-jenisnya

Mengenal Laporan Keuangan di Perusahaan

Mungkin anda masih belum mengerti mengenai apa sebenarnya arti dari laporan keuangan, khususnya dalam perusahaan. Laporan keuangan perusahaan adalah berbagai laporan berupa catatan informasi keuangan pada sebuah perusahaan di dalam periode tertentu. Laporan ini bisa berisi catatan keuangan berupa transaksi ataupun kas.

Biasanya laporan dibuat ketika sampai pada akhir periode akuntansi yang ditentukan masing-masing perusahaan. Bisa saat akhir tahun atau ada juga yang satu bulan sekali. Hal terpenting dalam laporan ini adalah mencatat semua jenis transaksi secara tepat, akurat dan detail dan melakukan analisa laporan keuangan perusahaan lebih lanjut.

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

  1. Arus Kas

Laporan arus kas atau yang juga disebut cash flow merupakan sebuah dokumen berisi arus transaksi yang masuk dan juga yang keluar perusahaan pada periode tertentu. Sumber laporan arus masuk bisa dari kegiatan operasional di perusahaan, dari kas, sampai dengan dana atau pinjaman yang telah didapatkan.

Sedangkan arus keluar bisa bersumber dari biaya operasional ataupun investasi. Terdapat 3 komponen yang sangat penting dalam pembuatan laporan cash flow, yaitu arus kas kegiatan bisnis, arus kas kegiatan investasi, dan arus kas kegiatan pendanaan.

  1. Laba Rugi

Jenis laba rugi dipergunakan untuk bisa mengetahui posisi keuangan laba serta rugi pada perusahaan. Dua cara yang dalam penyusunan laporan ini yaitu langsung atau single step, dan bertahap atau multiple step. Komponen penting pembuatan laporan laba rugi dalam perusahaan yaitu, pendapatan, beban pinjaman, biaya operasional, laba rugi perusahaan, dan beban pajak.

  1. Perubahan Modal

Kemudian ada laporan perubahan modal, yang mana ini termasuk jenis laporan yang dipakai untuk mengetahui apakah ada perubahan modal pada perusahaan dalam suatu periode.

Berisi mengenai besaran perubahan modal keuangan, jadi bisa mempunyai gambaran akan perencanaan perusahaan nantinya. Adapun komponennya yaitu modal milik perusahaan awal periode, pengambilan dana milik pribadi pemilik bisnis, dan hasil laba rugi bersih di periode tersebut.

  1. Neraca

Laporan neraca menunjukkan suatu kondisi, posisi keuangan dan informasinya. Digunakan supaya dapat memberi perencanaan proyek kedepannya. Istilah jenis laporan ini yaitu balance sheet dalam akuntansi. Jumlah aktiva harta atau aset, utang, serta modal perusahaan atau ekuitas adalah komponen penting laporan ini.

  1. CALK

Apa itu CALK? Ini adalah singkatan dari Catatan Atas Laporan Keuangan, yang termasuk bagian dari suatu laporan keuangan entitas perusahaan ataupun usaha. Laporan ini tidak wajib, dan biasanya pembuatan CALK dilakukan oleh perusahaan perusahaan yang skalanya sudah besar atau sudah berupa go public. CALK memudahkan memahami berbagai informasi karena isinya lebih rinci lagi.

Itulah berbagai jenis dan komponen pada laporan keuangan perusahaan yang harus diketahui. Bagi anda yang baru memulai bisnis, anda telah mengetahui apa itu laporan keuangan dan jenisnya sehingga bisa anda aplikasikan pada bisnis anda supaya dapat terus dievaluasi dan mengembangkan bisnis, tak lupa juga untuk terus mempelajarinya.

Artikel lain