Informasi Seputar Manajemen Keuangan

Apa sih yang dimaksud dengan Manajemen keuangan? Kenapa hal tersebut sangat penting? Lantas apa tujuan serta fungsi yang dimilikinya? Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda simak penjelasan berikut ini :

Pengertian manajemen keuangan 

Keuangan dikenal sebagai pondasi yang kuat bagi suatu perusahaan. Tanpa proses pengelolaan yang baik, tentunya perusahaan tersebut pun tidak akan berjalan dengan baik pula. Karena itulah manajemen keuangan pun dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Manajemen keuangan adalah kumpulan kegiatan yang berkaitan dengan uang. Dimulai dari proses perencanaan, pengelolaan, penyimpanan hingga pengendalian. Karena berkaitan dengan aset perusahaan, maka proses pengelolaan pun sebaiknya dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan permasalahan.

Tujuan manajemen keuangan 

Sementara itu, jika dilihat dari kehadirannya. Tujuannya dapat Anda bagi menjadi beberapa hal berikut ini :

  • Menjaga arus kas

Tujuan pertama dari kegiatan manajemen adalah menjaga arus kas. Dengan kata lain, pemantauan terus dilakukan. Hal ini ditujukan agar tidak ada pengeluaran yang semakin besar dan merugikan perusahaan.

  • Memaksimalkan keuangan perusahaan 

Selain mengawasi arus kas, manajemen juga berfungsi untuk melihat anggaran yang tidak menghasilkan. Dengan demikian, hal tersebut pun dapat dihilangkan dan diganti dengan aktivitas lain. Dalam hal ini, pastikan aktivitas tersebut lebih menguntungkan pihak perusahaan.

  • Mempersiapkan struktur modal 

Struktur modal adalah hal penting lainnya yang harus dipersiapkan. Dengan adanya struktur, maka Anda dapat mengetahui menyeimbangkan dana yang ada. Dana tersebut berkaitan dengan anggaran yang dimiliki perusahaan serta dana pinjaman.

  • Memaksimalkan keuntungan 

Tujuan lainnya dari kegiatan manajemen adalah memaksimalkan keuntungan. Hal ini berkaitan dengan proses perencanaan yang tentunya dapat membantu perusahaan. Seperti halnya mewujudkan rencana tertentu, sehingga keuntungan lebih cepat didapat.

  • Meningkatkan efisiensi 

Dengan proses pengelolaan yang tepat. Setiap anggaran dana yang ada tentunya dapat diterapkan pada semua aspek dengan baik. Sehingga efisiensi penggunaan dana pun akan semakin meningkat.

  • Mengurangi resiko operasional

Dengan pengelolaan keuangan yang baik. Tentunya risiko operasional yang dapat meningkat sewaktu-waktu pun dapat diatasi dengan mudah. Hal ini juga berkaitan dengan keputusan yang umumnya diambil oleh bagian pengelola keuangan.

  • Memastikan keberlangsungan perusahaan 

Tujuan lainnya dari manajemen pada bagian keuangan adalah menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Pasalnya jika keputusan keuangan tidak dilakukan dengan baik, maka perusahaan pun akan runtuh. Begitu pun sebaliknya apabila keputusan diambil dengan tepat.

  • Mengurangi biaya modal 

Bagian paling akhir dari manajemen atau pengelolaan keuangan adalah untuk meminimalisir modal. Pasalnya jika pengelolaan dilakukan dengan tepat, tentunya modal yang digunakan pun dapat dikurangi.

Fungsi manajemen keuangan 

Selain berkaitan dengan beberapa tujuan di bagian atas tadi. Manajemen keuangan juga hadir dengan fungsi yang jelas, di antaranya :

  • Planning

Fungsi pertama dari kegiatan manajemen adalah merencanakan proses keuangan yang dimiliki perusahaan. Seperti dalam kegiatan pengaturan uang kas, perhitungan rugi laba dan lainnya.

  • Budgeting 

Budgeting adalah kegiatan pengalokasian dana. Hal ini dilakukan untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan.

  • Controlling

Controlling adalah kegiatan mengontrol atau melakukan pengawasan pada keuangan yang dimiliki perusahaan.

  • Auditing 

Fungsi lainnya dari kegiatan manajemen adalah auditing. Hal tersebut dilakukan dengan proses pemeriksaan. Seperti halnya memeriksanya proses keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi atau justru sebaliknya.

  • Reporting 

Bagian paling akhir adalah laporan. Pelaporan sendiri harus dilakukan dengan terbuka dan transparan. Laporan juga berguna untuk menunjukkan kondisi keuangan dari perusahaan tersebut.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai pengertian, tujuan serta fungsi utama dari Manajemen keuangan yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Artikel lain