Salat satu profesi paling dimintasi adalah arsitek dimana pasti berhubungan dengan gambar arsitektur. Walaupun cabang ilmu teknik, namun bidang ini berkaitan dengan desain seni serta imajinasi estetika.

Gambar arsitektur dibutuhkan dalam perancangan bangunan. Bidang ini menyampaikan setiap ide dalam carikan kertas, setelahnya direalisasikan oleh profesi teknik sipil. Kedua profesi tersebut saling bergantung untuk membuat hasil memuaskan.

Namun, untuk menjadi seorang arsitek tentu harus menempuh jenjang pendidikan tertentu. Lantas, apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi arsitek dan membuat gambar arsitektur yang memiliki nilai tinggi? Simak ulasan seputar gambar arsitektur dibawah ini.

Persiapkan Hal-Hal Ini Untuk Menjadi Arsitek

Hal yang dipelajari dalam bidang ini tidak hanya mengenai rancangan seni. Didalamnya termasuk aspek bangungan, lingkungan, hingga sejarah dari sebuah arsitektur. Perihal lain perlu diperhatikan sebelum bergelut di bidang tersebut.

1. Tidak hanya seputar gambar, perdalam pemahaman Matematika

Walau dikenal sebagai desainer bangunan, namun diperlukan keahlian matematika sebagai perhitungan penting. Pendalaman matematika dari segi kalkulus, matematika khusus arsitektur, hingga konsep bangun ruang.

Tidak hanya itu, diperlukan pemahaman di bidang fisika. Maka tak heran diperlukan nilai science dan matematika yang bagus. Pastikan kamu tidak hanya bisa menggambar, tapi paham akan materi pendukung lainnya ya.

2. Memiliki jiwa seni dan keindahan tinggi

Sebuah bakat memang dibutuhkan dalam bidang ini. Bagaimana tidak sebuah gambar arsitektur menuntut arsitek untuk memiliki daya kreativitas tinggi. Hal itu berkaitan dengan unsur sejarah atau arti dari sebuah karya bangunan.

3. Menguasai desain 2D maupun 3D

Perkembangan zaman menuntut perkembangan dari segi desain pula. Pada saat ini, lebih tertarik pada gambar 3D yang mana memperlihatkan gambar secara real.

Hal itu mempermudah seorang arsitek saat menggambar. Kemudahan itu didapat dari aplikasi untuk membuat desain gambar. Lakukan pelatihan atau kursus sekali pun dalam penggunaan aplikasi tersebut.

4. Memiliki sifat ulet dan tekun

Saat proses pembuatan sebuah bangunan tentunya wajib memiliki sifat ulet dan tekun. Hal itu dibutuhkan karena pengerjaan yang sulit dengan detail untuk menghasilkan arsitektur bernilai tinggi.

Prospek Kerja Seorang Penghasil Gambar Arsitektur

Sebelum menjadi arsitek kamu memerlukan jenjang pendidikan yang harus ditempuh. Butuh waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikan program sarjana. Tentu perbedaan jenjang tersebut membedakan hasil gambar arsitektur.

Tidak hanya itu, untuk kamu yang ingin melanjutkan jenjang magister diperlukan waktu tambahan 2 tahun. Namun jangan takut, prospek kerja menggiurkan sebanding dengan apa yang telah dikorbankan.

Pertama, prospek kerja menggiurkan berhubungan dengan perencanaan sebuah bangunan pemerintahahan. Disamping bentuk bangungan yang indah, diperlukan nilai sejarah serta makna dari perancangan tersebut.

Selanjutnya, arsitek rumah dimana desain-desain perumahan seusai dengan tema yang telah ditentukan. Disini tidak hanya perencanaan bangunan, tetapi diperlukan rancangan lingkungan hingga konsep wilayah bangunan.

Terakhir, bekerjasama dengan profesi teknik sipil untuk merealisasikan sebuah rancangan. Seorang kontraktor bertanggung jawab atas pembangunan dari awal rancangan, material serta pengerjaan hingga selesai.

Tujuan menempuh suatu pendidikan tidak lain yaitu untuk mencari pekerjaan. Selaras dengan bidang ilmu yang dipelajari, beberapa peluang kerja bisa didapatkan sebagai penghasil gambar arsitektur dengan nilai estetik tinggi.

Disamping prospek kerja menggiurkan, namun harus tetap diperhatikan ide, konsep, serta kreativitas dari sebuah rancangan gambae arsitektur.

Menu