Khusus untuk Anda penyuka desain dan mengatur sebuah ruangan tidak ada salahnya untuk mencoba profesi interior desainer. Tugas seorang designer ruangan adalah menciptakan suasana yang nyaman untuk penghuninya.

Akan tetapi sangat disayangkan karena masih banyak orang yang tidak tahu seberapa penting tugas dan tanggung jawab profesi ini. Jika Anda ingin terjun di dunia desain bangunan bisa simak informasi selengkapnya di sini.

Mengenal Pengertian Perancang Bangunan

Profesi ini juga bisa disebut sebagai perancang bangunan agar bisa estetik, nantinya ada seorang klien yang datang dan meminta Anda untuk membuat rancangan bangunan bisa rumah atau perusahaan. Kebanyakan orang masih mengira bahwa tugas perancang bangunan hanya menggambar saja.

“Menggambar” sebuah rumah atau perusahaan itu rumit karena harus sesuai dengan pesanan klien. Anda harus bisa berkomunikasi serta memahami permintaan klien, jika ada hal yang dibingungkan bisa langsung bertanya.

Tidak hanya itu, seorang interior desainer juga akan diawasi selama proses pembangunan mulai dari pemilihan furniture sampai bangunannya selesai. Seorang desainer bangunan harus bisa mencari klien sendiri.

Spesialis di Designer Interior

Pada dunia desainer bangunan terdapat beberapa spesialisasi yang bisa Anda pilih. Mengetahui apa saja spesialisasinya akan memudahkan Anda untuk fokus pada satu hal saja. Di bawah ini ada 3 spesialisasi perancang bangunan.

1. Kitchen and Bath Design

Sesuai dengan namanya profesi ini lebih berfokus pada rancangan kamar mandi dan dapur. Adapun keahlian yang perlu dimiliki adalah memahami apa saja perlengkapan di dapur dan kamar mandi agar penghuni tetap nyaman.

Ada tambahan pekerjaan lagi yaitu Anda perlu mengetahui cara pemasangan pipa air sampai aliran listriknya, jadi tugasnya tidak hanya menggambar rancangan dapur dan kamar mandi saja.

2. Healthcare Design

Spesialisasi interior desainer berikutnya bernama healthcare design. Seorang healthcare design biasanya ditugaskan di rumah sakit atau klinik kesehatan lainnya dan tugasnya adalah merancang serta merenovasi bangunan.

Tidak mudah menjadi seorang healthcare design karena Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu apalagi untuk rumah sakit yang tentunya kenyamanan pasien adalah hal utama.

3. Corporate Design

Terakhir adalah menjadi corporate design yang mungkin sering Anda temui. Corporate design memiliki tugas untuk merancang perusahaan yang aman dan nyaman. Biasanya mereka akan membuat sebuah ruang kerja profesional dengan menambahkan elemen penting agar karyawan tidak mudah stress.

Skill Utama Seorang Perancang Bangunan

Skill adalah hal terpenting yang harus Anda miliki apabila ingin sukses menjadi desainer interior. Adapun ketrampilan umum yang perlu dimiliki adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dikuasai oleh semua orang di dunia kerja. Sebagai seorang perancang bangunan, tentu Anda perlu memperhatikan keinginan klien seperti gaya, desain, pemilihan warna dan furniture serta fungsi ruangannya.

2. Visualisasi Ruangan

Visualisasi ruangan merupakan skill berikutnya yang perlu dimiliki oleh seorang interior desainer. Visualisasi ruangan merupakan kemampuan untuk membayangkan sebuah ruangan lalu dituangkan dalam bentuk sketsa. Kemudian setelah sketsanya jadi bisa ditunjukkan kepada klien.

3. Pengetahuan Desain

Ini adalah kemampuan utama bagi seorang desainer bangunan. Biasanya di semester pertama jurusan desain akan mempelajari tentang ilmu dasar rancangan bangunan dengan memfokuskan pada nilai estetika, efisiensi, dan kenyamanan.

Profesi perancang bangunan merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan apalagi jika Anda sudah sering menangani banyak klien, tentu saja pengalaman akan semakin bertambah. Oleh karena itu sebagai interior desainer penting untuk terus mengasah kemampuan.

Menu