Ditulis oleh Teta Paramitha

Program studi Architecture (INA) adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Ciputra di bawah naungan Fakultas Industri Kreatif. Program studi yang dikenal dengan sebutan INA oleh UC People ini terkenal sebagai salah satu program studi yang paling sulit lho di Universitas Ciputra! Pejuang-pejuang revisi nih!

Architecture Universitas Ciputra mempelajari integrasi desain bangunan dengan entrepreneurship. Dengan dukungan dari Ciputra Group, program studi INA seringkali melakukan kerjasama untuk praktek, kuliah umum, bahkan hingga magang. Seperti mata kuliah Property Market Analysis yang bulan lalu baru saja menyelenggarakan kuliah umum dengan dosen tamu praktisi dari Ciputra Group yaitu Bapak Dr. Ir. Denpharanto Agung Krisprimandoyo, M.M dan Bapak Cholief Choerrasjainni. Bapak Agung adalah General Manager Ciputra Group sekaligus Dewan Pengurus Harian Yayasan Ciputra Pendidikan. Sementara Bapak Cholief adalah General Manager Citraland Driyorejo CBD.

Pada kesempatan emas ini, dibawakan topik Market Analysis (Basic Market Condition, Employment, Demand, and Supply) serta Market Mapping and Strategy for Citraland Drioyorejo. Mahasiswa diberikan materi terkait pembangunan perumahan, mulai dari melihat supply, demand, pesaing, produk hingga harga. Bapak Agung menyampaikan bahwa untuk membangun dan memetakan target pasar sebuah perumahan, hal paling penting yang harus dilihat adalah supply dan demand dari daerah tersebut. Cara mudah untuk mengidentifikasi supply dan demand adalah dengan melihat pesaing, produk apa yang mereka tawarkan ke pasar? Nah, kita bisa kembangkan nih dari produk-produk yang ditawarkan oleh pesaing.

Seperti yang pernah dikatan oleh Bapak Dr. (HC) Ir. Ciputra, “…pembangunan properti yang dilakukan bukan ditujukan hanya untuk kepentingan sepihak si pembangun, tetapi didorong oleh hasrat agar dapat meningkatkan nilai, harkat dan martabat orang banyak.” Filosofi tersebut ditekankan kembali oleh Bapak Cholief kepada mahasiswa pada kuliah umum yang diadakan pada tanggal 20 September 2021 dan 29 September 2021 melalui Zoom ini. Bapak Cholief juga menekankan untuk menjadikan alasan pemilihan rumah oleh konsumen sebagai dasar pengerjaan proyek.

Selain kuliah umum di Zoom, program studi INA juga mengeluarkan materi tambahan berupa video Youtube dengan judul Dasar Analisa Pasar untuk Property yang dipandu oleh Bapak Agung. Namun untuk video ini hanya tersedia secara unlisted bagi pemilik link video tersebut.

Kesempatan emas untuk belajar langsung dari petinggi-petinggi Ciputra Group ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, ilmu serta keterampilan yang lebih eksklusif dan praktikal bagi para mahasiswa INA terkait pemetaan pasar properti. Kedepannya mahasiswa akan diberikan kesempatan-kesempatan emas lain untuk belajar baik secara teori maupun praktek dengan praktisi-praktisi berpengalaman. Kesempatan khusus yang hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa Universitas Ciputra ini  harapannya akan memberikan ilmu praktikal yang bermanfaat bagi mahasiswa di kemudian hari. Salam entrepreneur!

7 Oktober 2021

Teta Paramitha

Menu