Sebuah profesi arsitek banyak didambakan seseorang pada zaman anak-anak. Walau belum tahu banyak apa itu arsitek tidak membuat pesonanya hilang. Apa pun yang berhubungan dengan membuat bangunan pasti berhubungan dengan profesi tersebut.

Pekerjaan ini memang cocok untuk orang berjiwa seni tinggi. Tidak hanya itu, untuk menjadi perancang bangungan ini diperlukan keahlian pendukung lainnya. Selain itu tawaran lapangan pekerjaan terbilang banyak mencapai 9 ribu lowongan tiap tahunnya.

Lantas bagaimana penjelasan lengkap tentang apa itu arsitek? Apa saja jenjang pendidikan yang harus ditempuh serta jenis pekerjaan dan tanggung jawab pembuat gambar arsitektur ini. Pahami selengkapnya penjelasan berikut ini.

Definisi Lengkap

Kata arsitek sendiri berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti kekokohan, keadaan stabil. Hal itu menggambarkan tugas dari seorang desain bangunan tidak mudah runtuh atau goyah.

Secara garis besar dikatakan seorang perancang desain bangunan serta pemeran kunci dari sebuah proyek kontruksi dan memimpin pekerja lain. Termasuk bertanggung jawab pada kenyamanan penghuni, wajib memiliki latar belakang pendidikan sah.

Jenjang pendidikan yang ditempuh dengan perguruan tinggi jurusan teknik dengan bidang teknik arsitektur. Tentunya dibutuhkan nilai tinggi di bidang science karena berhubungan dengan ilmu matematika dan fisika.

Setelah menjadi lulusan sarjana arsitek, kamu dapat langsung kerja atau melanjutkan jenjang lanjutan magister untuk menambah jangkauan wawasan. Beberapa jenis arsitek yang banyak digunakan dalam proyek pembangunan.

1. General Design Architect

Secara garis besar tugas asitek ini membuat rancangan umum sebuah proyek. Penentuan sesuai dengan kriteria customer namun tetap memperhatikan keadaan sekitar pembangunan.

Hal penting menjadi tanggung jawab seperti lokasi lingkungan sekitar bangunan, rancangan anggaran biaya yang akan dikeluarkan serta desain bangunan harus memiliki filosofi dan  makna tertentu.

2. Technical Architect

Pada jenis ini, seorang pembuat rancangan bertanggung jawab secara teknis dari keberhasilan sebuah proyek. Selain itu, jenis ini banyak digunakan pada pembangunan proyek besar seperti perkantoran dimana perlu perhatian lebih dari segi teknis atau keberfungsin gedung tersebut.

3. Manajer Proyek

Seorang manajer proyek berarti mengatur seluruh pola perilaku yang berhubungan dengan pembangunan. Mereka mengatur proses awal, saat proses hingga hasil akhir sebuah pembangunan.

Proses perencanaan, mengatur dan koordinasi dengan berbagai profesi lain menjadi tugas manajer. Hal yang perlu dikuasai seperti kemampuan wawasan lebih dalam, memiliki komunikasi baik, mampu memecahkan sebuah masalah dengan cepat dan benar.

4. Design Interior

Pembangunan proyek tidak hanya memerhatikan bentuk gedung yang akan dibuat. Tetapi memilih interior sesuai dengan penentuan tema sebelumnya.

Hak detail lainnya menjadi tanggung jawab design interior untuk mengisi sebuh ruangan. Dimulai dari pemilihan bentuk dan bahan pintu, jendela, furnitur termasuk didalamnya berkoordinir dengan teknil elektro untuk memasangan jalur listrik.

Semua jenis bidang teknik memiliki peran dan fungsinya masing-masing, serta saling bergantung untuk mengerjakan sebuah proyek.

5. Landscape Architect

Jenis satu ini mungkin tidak banyak orang tahu tapi banyak digunakan. Landscape Architect memiliki tugas untuk merancang area luar sebuah gedung. Salah satunya pembuatan taman dan kebun jika diperlukan.

Hal itu menambah nilai plus tersendiri keberhasilan proyek karena memberi warna lain pada area pembangunan. Tugas lain jenis ini memerhatikan desain luar ruangan serta saluran air hujan di tempat terbuka.

Wujudkan Impian Menjadi Arsitek Handal

Banyak sekali peminat dalam bidang desain gambar bangunan ini tanpa tahu apa itu arsitek. Hal itu dikaitkan dengan berbagai jenis arsitek yang membantu terwujudnya sebuah bangunan sesuai kriteria tertentu.

Memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda, namun semua jenis bidang ini saling bergantung dan memberi manfaat. Oleh karena itu, cakupan luas membuat kamu mengerti apa itu arsitek sebelum terjun langsung di dunia proyek pembangunan.

Menu