Mata Kuliah Interdisipliner

Tentang Mata Kuliah Interdisipliner

Play Video

Mata kuliah MKI diselenggarakan oleh Fakultas Entrepreneur dan Humaniora (FEH) dan tidak lagi dalam bentuk “cluster” atau paket. Setiap mahasiswa bebas memilih mata kuliah sesuai dengan bidang karir yang akan dirintis. Mata Kuliah Lintas Prodi adalah mata kuliah yang diselenggarakan oleh prodi dan diperuntukkan bagi mahasiswa di luar prodi tersebut.

Dalam pelaksanaannya, prodi dapat menawarkan Mata Kuliah Pilihan Prodi menjadi Mata Kuliah Lintas Prodi. Mahasiswa dari prodi lain dapat belajar bersama dengan mahasiswa dari prodi asal mata kuliah. Kalau hal ini terjadi mahasiswa dari prodi asal tetap harus mengambil mata kuliah MKI atau lintas prodi.

Mahasiswa diberi kebebasan untuk menentukan komposisi mata MKI dan mata kuliah lintas prodi. Misal, dalam Semester V mahasiswa dapat mengambil dengan komposisi 1 MKI dan 1 lintas prodi, atau dapat juga memilih 2 MKI dan tidak mengambil lintas prodi. Sebaliknya Mahasiswa juga dapat mengambil 2 lintas prodi dan tidak mengambil MKI. Hal yang sama berlaku untuk semester VI. Mahasiswa perlu diperhatikan kesesuaian komposisi tersebut dengan rencana karir mereka serta ketersediaan kuota masing-masing MKI dan lintas prodi. Dalam struktur kurikulum prodi digambarkan dengan “garis miring” yang berarti “alternatif”

Paham Kluster

Utilizing E-Commerce

Dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan implementasi digital marketing ke dalam platform E-Commerce sebagai bentuk implementasi digital marketing di dunia digital pada saat ini, melalui mata kuliah ini mahasiswa bisa mengerti bagaimana mengoptimalkan platform E-Commerce sebagai media marketing di dunia yang semakin digital.

Graphic Design

Mahasiswa akan mempelajari software adobe illustrator agar mampu menghasilkan karya desain berbasis vektor yang dapat digunakan sebagai media promosi (poster, kaos, packaging, logo, dll).

Leisure Wellbeing

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkuat kesadaran diri terhadap Psychological Wellbeing (PWB) dan meningkatkannya melalui kegiatan Leisure yang sesuai. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mampu merancang program leisure yang spesifik dan sistematis berdasarkan analisis diri terhadap kondisi PWB yang perlu ditingkatkan. Tahap perkuliahan ini diawali pemahaman konsep dan identifikasi diri terhadap dimensi- dimensi PWB, kemudian meracang, mengujicobakan dan mengevaluasi program leisure dalam kelompok untuk meningkatkan salah satu dimensi PWB tersebut untuk diri sendiri. Keseriusan dalam melakukan analisis dan rancangan program terhadap diri sendiri serta kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok yang memiliki permasalahan PWB yang sama sangat menentukan keberhasilan dalam mata kuliah ini.

Corporate Entrepreneurship Innovation

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsep inovasi dan menerapkannya secara langsung melalui eksekusi ideasi kontribusi inovasi di corporate partner

Event Management & Sponsorship

Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk mampu membuat perencanaan program, perencanaan keuangan & sponsorship, dalam mengelola proyek acara / pertunjukan secara kolaboratif dengan berbagai bidang keilmuan, termasuk di bidang seni dan olahraga, melalui proses perancangan, berdasarkan konsep manajemen business/komersialisasi pertunjukan

K-Wave Korean

Mata Kuliah K-Wave Korean bertujuan untuk membekali ketrampilan berbahasa Korea tingkat dasar yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, melalui media K-Pop, K-drama, K-Film, K-Variety Show, dan konten- konten lain terkait K-Wave. Mahasiswa mampu berbahasa Korea dasar dengan menghasilkan konten kreatif berupa video bertema perkenalan Universitas Ciputra secara sederhana dalam Bahasa Korea. Tahapan kerja mahasiswa meliputi (1) kegiatan membaca dan menulis huruf Hangul, (2) melakukan perkenalan diri, (3) menyebutkan nomor telepon, (4) mendeskripsikan lokasi benda dan tempat, (5) melakukan transaksi jual-beli dalam Bahasa Korea. Selain itu, mahasiswa mempelajari pakaian tradisional Korea (Hanbok) di akhir pertemuan untuk mengenal budaya Korea. Sikap aktif dalam mengikuti perkuliahan, aktif berbicara Bahasa Korea, kreatif dalam mengerjakan tugas, dan kemampuan kerja sama tim sangat menentukan keberhasilan dalam mata kuliah ini.

Frech Culture & Civilization

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang profil umum budaya dan masyarakat Perancis yang dikemukakan melalui tema-tema budaya, seperti geografi, demografi, keluarga, sistem pendidikan, pekerjaan, seni, makanan, kesehatan, olah raga, dan lain-lain. Tema-tema besar di atas dikemukakan secara kronologis mengikuti perkembangan kebudayaan Perancis. Perubahan budaya menjadi salah satu bahan kajian utama kuliah ini. Beberapa tema dikaitkan dengan persoalan yang mengiringinya. Perkuliahan ini mengajak para mahasiswa untuk « mengintip » kebudayaan negara lain melalui kajian kronologis dan logis dan untuk secara langsung membandingkan antara kebudayaan Indonesia dengan Perancis dalam rangka memperkaya bahan kajian di kelas.

Deutsch für Tourismus

Membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan berbahasa Jerman level A1 baik secara lisan maupun tulis di bidang kepariwisataan yang mampu menumbuhkan jiwa enterpreneur dengan menghargai kearifan lokal dan budaya asing (Jerman) melalui kompetensi humanis, berkarakter hospitality, kerja sama tim, berpikir kritis, bertanggung jawab dan beretika. Tema-tema yang dipelajari di mata kuliah ini meliputi: (1) Erste Kontakte, (2) Land und Leute, (3) Kunst und Kultur, (4) Deutsch im Hotel, (5) Essen und Trinken, (6) Reisen nach und in Indonesien. Evaluasi perkuliahan dilakukan melalui penugasan dan tes tulis/lisan.

Mandarin For Business Purposes

Kemampuan berbahasa Mandarin sangat menunjang bisnis dengan pasar internasional terutama China. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan Mandarin untuk komunikasi Bisnis Dasar berbekal pengetahuan Budaya terkait. Tema yang diangkat dalam mata kuliah ini meliputi: Menerima telepon, Pemesanan tiket perjalanan dan akomodasi, Menerima kunjungan klien, dan Permintaan katalog harga

Chinese Bridge

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemempuan berbahasa Mandarin melalui pendekatan Tradisi dan Budaya China. Tema utama dalam mata kuliah ini: Memperkenallan diri, memperkenalkan budaya dan tradisi china, Hari perayaan besar, latar belakang, tradisi dan makanan khas setiap perayaan.

Middle Eastern Cultural Studies

Mata kuliah ini membahas persoalan budaya pada masyarakat di Timur Tengah. Kawasan ini menarik dikaji karena turut menentukan pola dan struktur masyarakat dunia. Tiga agama lahir di kawasan ini. Bagaimana dinamika budaya yang terjadi di kawasan Timur Tengah dimaknai, akan menjadi fokus mata kuliah ini.

Greek Culture and Civilization

Mengenal budaya Yunani yang sejak semula telah eksisdi dalam bangsa Yunani itu sendiri pada abad-abad sebelum Masehi, budaya Yunani itu satu dan tak terlepas dengan Filosofianya yang begitu kaya serta terkait dalam penggunaan bahasa Yunani.

Green Lifestyle

Mata kuliah Green Life Style memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplore rasa kepedulian terhadap Bumi tercinta melalui pemikiran analitis, empati, ide kreatif serta tindakan secara langsung.

Literasi Kreatif Sejarah Untuk Non-Sejarawan

Mata kuliah “Literasi Kreatif Sejarah Untuk Non-Sejarawan” dipersiapkan untuk mengembangkan perilaku entrepreneurship yaitu kemampuan literasi dan berpikir kritis terhadap informasi, terutama terkait narasi sejarah yang berkembang di masyarakat. Mahasiswa akan bekerjasama menghasilkan produk kreatif terkait topik sejarah yang kontroversial dengan pesan dan teknik yang menarik serta mampu memancing debat publik. Tahapan kerja mahasiswa meliputi pembelajaran tentang literasi informasi, pengenalan teknik penyesatan pikiran, propaganda/anti propaganda, intelijen/kontra-intelijen, pelatihan keterampilan membaca data, mengidentifikasi fakta serta melakukan interpretasi sejarah secara logis, kritis dan faktual sesuai dengan metode ilmiah lantas menyampaikannya kepada publik (storytelling) melalui pendekatan ekosistem berbasis industri kreatif. Sikap antusias terhadap hal-hal baru, mampu berkolaborasi dalam tim lintas disiplin, berwawasan luas, aktif mencari tahu, suka berjejaring, manajemen waktu serta memiliki ketertarikan pada industri kreatif (walau bukan sebagai profesi/disiplin utama) akan menjadi modal untuk keberhasilan dalam mata kuliah ini.

Blog Post

Ketentuan Umum

  1. Kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Universitas Ciputra mulai angkatan 2018, 2019, dan seterusnya. Setiap mahasiswa WAJIB memilih 1 cluster
  2. Satu cluster terdiri dari 3 mata kuliah, masing-masing besarnya 3 SKS. Jadi, total MKI yang harus diambil mahasiswa adalah 9 SKS
  3. Mata kuliah ditawarkan di semester 4, 5, dan 6
  4. Mata Kuliah Interdisipliner dibedakan menjadi dua, yaitu :
    • Prodi IBM (IC-RC)
      Mata Kuliah Entrepreneurship tidak menjadi pilihan cluster MKI, karena menjadi bagian dari kurikulum prodi
    • Prodi non-IBM
      Mata Kuliah Entrepreneurship menjadi pilihan cluster MKI
  5. Proses pendaftaran cluster bersamaan dengan KRS semester 4 dengan ketentuan first come first serve
  6. Jumlah kuota tiap cluster:
    • Corporate Entrepreneurship (CE): 3 kelas @30 orang per kelas
    • Creative Event Management (CEM): 3 kelas @33 orang per kelas
    • Digital Marketing (DM): 10 kelas @36 orang per kelas
    • Innovative Multimedia (IM): 3 kelas @28 orang per kelas
    • Lifestyle, Wellness and Leisure (LWL): 10 kelas @36 orang per kelas

FAQ

Frequently Asked Questions MKI

MKI adalah program unggulan Universitas Ciputra yang berisi beberapa paket (klaster) mata kuliah wajib yang dirancang untuk memberikan keterampilan minor mahasiswa di bidang entrepreneurship, pemasaran, desain grafis, wellness, manajemen acara, atau intrapreneurship.

Klaster MKI adalah paket sembilan sks mata kuliah di dalam program MKI yang dapat dipilih sesuai dengan bidang keterampilan yang diminati.

Universitas Ciputra ingin membekali mahasiswa dengan rangkaian ilmu praktis yang dapat memberikan nilai tambah kepada lulusannya. Selain itu, MKI memberikan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat lain di luar program studi utamanya untuk mempelajari dan mengasah kemampuan dalam bidang keilmuan sesuai klaster yang diambil.