IICIES 2012 Day 1

IICIES 2012 Day 1

Selasa, 26 Juni 2012, Universitas Ciputra (UC) Surabaya, bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), mengadakan konferensi Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship and Small Business (IICIES). Pada tahun 2012, IICIES sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-empat kalinya. Tujuan diadakannya IICIES adalah untuk mengembangkan potensi dunia kewirausahaan, inovasi dan dunia bisnis yang dimiliki oleh Indonesia, untuk menghadapi ASEAN Emerging Markets.

Bertemapt di auditorium lantai 7, acara 4th IICIES 2012 ini dibuka oleh Dwi Larso PhD dari ITB dan Ir. Tony Antonio M. Eng, selaku rektor dari Universitas Ciputra. Ada empat pembicara yang dihadirkan pada hari pertama ini adalah Dennis Cheek PhD (NUS – Singapura), Prof. Uichol Kim (Inha University – Korea Selatan), Mr. Kai Sauer (Duta Besar Finlandia), Dr. Jari Talvinen (Aalto Univeristy – Finlandia). Dennis Cheek PhD dalam presentasinya yang berjudul ”Unleashing Indonesian and Asian Imagination and Creativity to Improve Business, Economies & Societies“ memaparkan bagaimana potensi Indonesia seabgai sebuah Negara dan perusahaan yang berada di dalamnya dapat bersinergi dan berkembang bersama. Prof. Uichol Kim dalam presentasinya yang berjudul “Team-based approach in promoting creativity, innovation and entrepreneurship: Psychological, cultural and global perspectives”, menjelaskan tentang team based organization dan bagaimana kreatifitas dapat menjadikan sesuatu yang kacau menjadi terstruktur, menjadikan sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna. Mr. Kai Sauer dalam presentasinya yang berjudul “Innovation Policy in Finland” menerangkan bagaimana inovasi dapat berkembang di Finlandia. Dr. Jari Talvinen dalam presentasinya menjelaskan bahwa pendidikan entrepreneurship harus memiliki 3 hal besar yaitu Art & Design, Science & Technology dan nilai Ekonomis.

Acara ini didukung oleh Telkom Indonesia, PT Freeport Indonesia, Angkasa Pura II, Bank Indonesia, Timah, Bank BRI, Bank Mandiri, Allianz, IHTB-UC, Rumah Makan Suramadu, Nasi Petis Lebah, Mandom, Club, Miwon dan Aquase.