IHTB Discover Exotic China

IHTB Discover Exotic China

Jumat, 28 Oktober 2011 – Jurusan International Hospitality & Toursim Business (IHTB) Universitas Ciputra (UC) mengadakan acara IHTB Culture Festival dengan “Discover Exotic China” sebagai tema. Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek I (pertama) mahasiswa IHTB di semester awal mereka. Acara yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut berlangsung di Atrium ITC Mega Grosir Surabaya mulai tanggal 28 – 30 Oktober 2011.

Berkaitan dengan perayaan Halloween, dalam acara ini di adakan “Vampires in The Mall” dimana 15 dari 48 mahasiswa IHTB berperan sebagai Vampire yang tidak hanya berparade ke seluruh daerah mall tetapi juga menampilkan “Shuffling”dance performance dihadapan pengunjung dan tamu undangan. Tidak kalah eksis dan menarik perhatian orang, seluruh panitia beserta dosen pembimbing pun menggunakan face painting dengan kreasi masing-masing.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Ciputra (UC), Dekan Pariwisata Universitas Ciputra (UC), Kaprodi IHTB, Perwakilan komunitas Cina Surabaya, dan Ketua Himpunan Indonesian Thionghoa. Dengan memukul tambun oleh Rektor Universitas Ciputra (UC), Dekan Pariwisata Universitas Ciputra (UC) dan Ketua Himpunan Indonesian Thionghoa, maka acara IHTB Culture Festival resmi dibuka. Pertunjukkan Barongsai ditampilkan setelah pembukaan, cukup menyedot perhatian pengunjung dari lantai UG hingga 3.

Pada sesi selanjutnya, Entrepreneur Talk bersama Konsulat Jendral Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya dengan tema “Hospitality and Tourism Business Oppurtunity in China” menyatakan bahwa China akan menjadi salah satu destinasi pariwisata yang populer di zaman kedepan, terbukti setiap bulannya selalu mendapat kunjungan wisatawan Indonesia yang pergi ke China untuk berwisata. Selesai talk show, dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata sebagai apresiasi yang diberikan panitia kepada Kon Jen China dan Komunitas China di Surabaya atas segala dukungan dan kerja sama di dalam event ini.

Acara selanjutnya adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung dan tamu undangan, yaitu “Vampires in the mall” dengan atraksi Shuffling dan parade. Setelah musik dengan nuansa horor dinyalakan, Vampires muncul melewat eskalator turun kemudian berjalan dengan gerakan lompat ala Vampire ke tengah panggung dan melakukan shuffling dari masing-masing jenis shuffling yang di kuasai. Acara ini disambut hangat, canda tawa dan meriah baik pengunjung ITC mall juga para penjual grosiran di sana.

Ivan Lie, sang Ilusionis yang sekaligus menjadi bintang tamu event ini muncul dengan atmosfir yang berbeda. Tidak hanya membawakan 4 atraksi sulapnya, ia juga memberikan pesan yang luar biasa kepada penonton untuk tidak mudah menyerah dalam meraih mimpi, melalui atraksi-atraksi sulap tersebut sebagai inspirasi dari pesannya. Salah satu lomba yang dilaksanakan pada acara ini, Fashion Show Competition with Good Day, yang diikuti oleh peserta tingkat SMA dan SMP tidak kalah menarik dengan acara-acara lainnya. Dengan dinilai oleh tiga juri, Daniel perwakilan dari Good Day, Christine Harijanto mahasiswa IHTB yang ahli dalam bidang Modeling, dan Leslie Benares salah satu dosen IHTB dari Philipine sudah mendapatkan sang juara model ini yang akan diumumkan pada hari terakhir event.

“Karena sudah menjadi salah satu hobi dan acaranya yang menarik, saya sangat berantusias untuk mengikuti lomba ini” ujar Zefanya, salah satu peserta Lomba fashion yang berasal dari SMP Petra 2 Surabaya. Pada selingan acara, diputar musik-musik yang berbau mandarin, hingga menampilkan sebuah film China “Legenda Ular Putih” yang telah lama tidak ditayangkan lagi di media masa. “Acara berjalan dengan luar biasa, apalagi event ini diliput oleh berbagai media masa terkenal di Indonesia, seperti Jawa Pos, Radio SS, RCTI dan media masa lainnya” ujar Eric Yosua, salah satu dosen pembimbing dalam proyek ini.